Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Juve vs Inter = Derby d'Italia

By Caesar Sardi - Senin, 8 Juni 2015 | 20:57 WIB
Inter, tidak pernah berada di Serie B.
New Press/Getty Images
Inter, tidak pernah berada di Serie B.

Duel Juventus melawan Inter disebut sebagai derby d’Italia. Sebutan tersebut diberikan oleh jurnalis olahraga terkenal Italia, Gianni Brera, pada tahun 1967.

Brera menyebut duel I Bianconeri kontra I Nerazzurri sebagai derby d’Italia karena pada saat itu kedua klub memiliki prestasi terhebat di Negeri Spageti.

Saat Brera meninggal dunia pada tahun 1991, Juventus dan Inter menjadi dua klub yang paling sering memenangi Serie A. Tahun 1994, prestasi La Beneamata dilewati Milan. Karena itu, ada yang menilai pertandingan Juventus melawan Milan juga pantas disebut derby d’Italia.

Saat ini, Juventus memiliki koleksi 27 scudetto. Milan di posisi kedua dengan 17 scudetto. Inter menjadi kampiun Serie A sebanyak 15 kali.

Sebutan derby d’Italia juga dipakai karena pada saat itu Juventus dan Inter tidak pernah terdegradasi ke Serie B. Sayang, musim lalu Bianconeri turun kelas karena skandal calciopoli.

Setelah satu tahun absen karena Juventus terdepak ke Serie B, derby d’Italia kembali hadir. “Ini akan menjadi pertandingan yang normal antara dua klub hebat yang memiliki sejarah penting. Pertandingan antara kedua klub ini akan selalu penting,” ujar Presiden Inter, Massimo Moratti.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 2 November 2007, BOLA Edisi No. 1.771


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X