Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Utang Berbatov pada Timnas

By Caesar Sardi - Sabtu, 21 Maret 2015 | 00:03 WIB
Dimitar Berbatov, mandul di kualifikasi Euro 2008.
Matthew Lewis/Getty Images
Dimitar Berbatov, mandul di kualifikasi Euro 2008.

nya di pekan-pekan terakhir Premiership membuatnya terpilih sebagai Pemain Terbaik Tottenham Hotspur sepanjang musim ini.

Striker kelahiran 30 Januari 1981 ini jelas gembira dengan pencapaian tersebut. Tapi, di balik itu, eks pemain CSKA Sofia dan Bayer Leverkusen ini masih merasa punya utang, yaitu menularkan prestasinya ke tim nasional Bulgaria.

Ironis memang karena Berbatov belum pernah menyumbangkan gol bagi Bulgaria dalam empat partai kualifikasi Euro 2008 yang telah dijalaninya. “Saya perlu memindahkan gol-gol saya di klub ke tim nasional,” katanya kepada Sky Sports.

Pada 2 dan 6 Juni mendatang, kesempatan terakhir bagi Berbatov untuk mencetak gol datang. Dua pertandingan Bulgaria menghadapi Belarusia merupakan pertandingan terakhir kualifikasi Euro 2008 di musim 2006/07.

Berbatov masuk ke dalam skuad yang dipersiapkan pelatih sementara Bulgaria pengganti Hristo Stoichkov, Stanimir Stoilov. Karena Valeri Bojinov tidak dipanggil, Berbatov jelas menjadi penyerang yang paling diandalkan.

Dalam konteks yang lain, gol juga dibutuhkan Berbatov untuk memuluskan ambisinya menjadi top scorer sepanjang masa Bulgaria. Saat ini, koleksi 33 gol Berbatov masih kalah dari pencapaian Stoichkov (37) dan Christo Bonev (47).

(Penulis: Dwi Widijatmiko)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.727, Selasa 29 Mei 200


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X