Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Seorang Buronan Korupsi FIFA Serahkan Diri

By Suryo Wahono - Rabu, 10 Juni 2015 | 01:26 WIB
Alejandro Burzaco, pebisnis asal Argentina yang sempat menjadi buron.
Interpol
Alejandro Burzaco, pebisnis asal Argentina yang sempat menjadi buron.

Seorang pebisnis Argentina dikabarkan telah menyerahkan diri kepada polisi di Italia. Dia adalah salah satu tokoh yang dicari oleh kejaksaan Amerika Serikat terkait dugaan korupsi di FIFA.

Alejandro Burzaco, nama pebisnis tersebut, adalah presiden dari perusahaan pemasaran olah raga Argentina "Torneos y Competencias" dan merupakan salah satu satu dari 14 mantan pejabat FIFA dan rekan bisnis yang didakwa korupsi.

Interpol telah mengeluarkan peringatan dan permintaan atas penangkapannya. Dia sempat menghilang setelah penangkapan tujuh anggota Komite Eksekutif FIFA pada 27 Mei lalu.

Media Swiss pernah melaporkan bahwa pria berumur 50 tahun itu tidak ada di kamarnya ketika polisi mendatangi dan berniat mengajukan permintaan ekstradisi dari pemerintah AS.

Burzaco diketahui juga punya kewarganegaraan Italia. Dia menyerahkan diri bersama dua pengacaranya ke sebuah kantor di Borzano, Italia.

Menurut laporan kantor berita Spanyol Efe, dia kini ditahan di kantor polisi, setempat. Departemen Kehakiman AS menuduh Burzaco bersekongkol untuk memenangi kontrak hak media dari federasi sepakbola regional dengan menyuap hingga 110 juta dolar AS.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X