Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

West Ham Bisa Kena Kutukan Sam Allardyce

By Suryo Wahono - Senin, 25 Mei 2015 | 21:27 WIB
Sam Allardyce, meninggalkan 'kutukan' bila hengkang.
Getty Images
Sam Allardyce, meninggalkan 'kutukan' bila hengkang.

Pemilik West Ham telah mengeluarkan kriteria manajer baru yang diidamkan menyusul kepergian Sam Allardyce, yaitu orang yang bisa membawa klub ke "level berikutnya" serta memenangi trofi. Tapi, berdasarkan catatan sejarah karier Big Sam, kepergiannya selalu meninggalkan 'kutukan'. Klub terakhir yang terkena tulahnya adalah Blackburn Rovers, mereka terdegradasi.

David Gold, David Sullivan, dan Karren Brady bermimpi merebut trofi Piala FA, Piala Liga, atau bahkan di level Eropa, tetapi dengan dipecatnya Big Sam, mereka mungkin bakal bertarung di arena yang tak terlalu bergengsi, misalnya juara divisi Championship.

Sebab, tiap klub yang sukses ditangani Allardyce, tetapi para direkturnya berselisih paham dengannya, telah tenggelam dan terjatuh di divisi lebih bawah. Bila Big Sam Sam bilang tahu bagaimana mengelola klub di Premier League dan menjamin stabilitas, dia membuktikannya/

Jadi, bila klub dengan sejarah sebesar West Ham sampai terdegradasi lagi, setelah mengalami dua kali dalam satu dekade terakhir, kepergian Big Sam bisa dibilang meninggalkan 'kutukan' nyata.

Contohnya, ketika Allardyce mengambil alih Bolton pada 1999 di divisi League One, sementara ti berada di peringkat tengah ke bawah, dalam waktu dua tahun bisa kembali di Premier League, selain menjadi finalis Piala Liga. Sang manajer juga bisa mempertahankan posisi papan tengah ke atas sampai hengkang enam tahun kemudian.

Setelah itu, Sammy Lee, Gary Megson, dan Owen Coyle tak mampu mempertahankan peninggalan Big Sam, mereka terdegradasi pada 2012 setelah berjuang untuk bertahan selama beberapa tahun. Mereka belum lagi timbul di Premier League.

Allardyce kemudian melanjutkan kiprah di Newcastle, tapi tidak diberi cukup waktu untuk memastikan klub dan tim berjalan sesuai filosofinya. Kemerosotan kian menjadi usai Allardyce pergi, Necastle sempat terjun ke divisi Championship.

Demikian juga di Blackburn. Big Sam tiba-tiba dipecat oleh pemilik pada bulan Desember 2010. Bahkan, Sir Alex Ferguson pernah mengatakan keputusan itu "benar-benar konyol." Sir Alex dikenal jarang salah dan terbukti di bawah dua tahun kemudian, Blackburn turun ke Championship.

Berikut ini daftar 'kutukan' Big Sam:

Pergi dari Notts County: 1999; Terdegradasi: 2004
Pergi dari Bolton: 2007; Terdegradasi: 2012
Pergi dari Newcastle: 2008; Terdegradasi: 2009
Pergi dari Blackburn: 2010; Terdegradasi: 2012


Editor : Suryo Wahono
Sumber : The Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X