Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luis Figo Juga Mundur Sebagai Capres FIFA

By Suryo Wahono - Jumat, 22 Mei 2015 | 00:17 WIB
Luis Figo, mengaku telah menyaksikan sejumlah kemunafikan.
Getty Images
Luis Figo, mengaku telah menyaksikan sejumlah kemunafikan.

Satu lagi kandidat presiden FIFA mengundurkan diri. Luis Figo dikabarkan telah keluar dari arena pencalonan presiden FIFA, walau sempat menyebut badan dunia sepak bola itu dikuasai 'kediktatoran' di bawah Sepp Blatter.

Mantan bintang Portugal dan mantan pemain terbaik FIFA itu memberi sebuah pernyataan yang dikirim kepada The Associated Press. Intinya, dia menolak ambil bagian dalam proses pemilihan yang dia klaim dirancang "untuk memberi kekuasaan mutlak buat satu orang".

Pengunduran diri Figo ini hanya beberapa jam setelah kandidat lain, Michael van Praag, juga menarik diri dari pemilihan pada 29 Mei itu. Jadi, kini hanya Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania yang akan menantang Blatter.

Figo mengatakan selama kampanye bahwa ia menemukan banyak kemunafikan dari presiden-presiden federasi seluruh dunia, selain mengatakan bahwa orang yang ingin berbicara telah dibungkam. Namun, dia enggan memberikan nama.

Baik Figo maupun Van Praag berpendapat bahwa FIFA telah kehilangan kredibilitas akibat sejumlah skandal korupsi dan tuduhan nepotisme yang ditujukan kepada Blatter, presiden incumbent yang sedang ingin memperpanjang pemerintahannya.

Blatter telah meminta dukungan sebagian besar pemilih di lima dari enam konfederasi benua. Hanya UEFA yang secara resmi menentang Blatter, mereka mendukung tiga lawan yang mendeklarasikan diri sebagai penantang pada bulan Januari.

Walau Van Praag secara terang-terangan mendukung Pangeran Ali, Figo tidak mengisyaratkan bahwa ia akan melakukan langkah serupa.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : The Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X