Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekor Liverpool Hari Ini dan 10 Tahun Lalu

By Verdi Hendrawan - Senin, 25 Mei 2015 | 15:06 WIB
Para pemain Liverpool saat mengangkat gelar Liga Champion tepat 10 tahun silam.
Squawka
Para pemain Liverpool saat mengangkat gelar Liga Champion tepat 10 tahun silam.

Liverpool sebagai salah satu klub terbesar di Inggris dan juga Eropa tengah mengalami keterpurukan dalam 25 tahun terakhir. Meski demikian, aura sebagai sebuah tim terhebat selalu dapat terlihat.

Keterpurukan yang dimaksud adalah kegagaan menjadi tim terbaik di Inggris sejak terakhir kali diraih pada 1989/90 saat Premier League masih bernama Divisi Utama (First Division). Sejak kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris itu berubah nama pada 1992/93, Liverpool seakan tidak berjodoh dan keberuntungan selalu menaungi rival terbesarnya, Manchester United.

Sejak nama Premier League digunakan, Manchester United berhasil menjadi yang terbaik sejak musim pertama. United yang kala itu baru tujuh kali menjadi juara First Division yang terakhir kali diraih pada 1966/97, sukses menjadi yang terbaik sebanyak 13 kali dalam 23 musim Premier League sekaligus menggeser status Liverpool sebagai juara terbanyak.

Meski demikian, Liverpool masih mampu meraih beberapa gelar dalam 25 tahun terakhir. Dikompetisi lokal, tiga Piala FA dan empat Piala Liga Inggris berhasil diraih. Sedangkan di kompetisi tingkat Eropa, The Reds sukses meraih satu gelar juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa) dan juga Liga Champion!

Pada musim 2004/05, atau tepat 10 tahun silam (25/5/2005), Liverpool berhasil memastikan diri meraih gelar Liga Champion mereka yang ke-5 setelah mengalahkan AC Milan secara dramatis. The Reds sukses memecahkan rekor sebagai klub Inggris pertama yang berhasil meraih lima gelar dan masuk ke dalam klub elit Eropa.

Liverpool tergabung kedalam klub elit Eropa bersama Real Madrid, AC Milan, dan Bayern Muenchen yang berhasil meraih lima gelar atau lebih. Selain itu ada Ajax Amsterdam dan Nottingham Forrest sebagai tim yang berhasil mempertahankan gelar juara dalam dua musim beruntun.

Namun, kini Liverpool sudah jauh berubah dan tidak cukup superior seperti dahulu kala. Bukan hanya tidak mampu kembali menjadi juara Liga Champion, bahkan dalam lima musim terakhir The Reds hanya mampu satu kali lolos ke kompetisi klub sepakbola tertinggi di Eropa itu.

Bahkan tepat 10 tahun setelah Liverpool berhasil menjadi yang terbaik di Eropa, mereka meraih hasil buruk di Premier League. Selain gagal bersaing dengan Manchester United untuk berebut tiket terakhir lolos ke Liga Champion, The Reds menutup 2014/15 dengan hasil yang memalukan yaitu finis di posisi ke-6 akibat kekalahan 1-6 dari Stoke City di pekan terakhir.

Kekalahan tersebut juga menjadi rekor tersendiri bagi Lierpool dan Stoke di Premier League. Hasil 1-6 itu menjadi kekalahan terbesar yang pernah dirasakan The Reds di Premier League, sedangkan bagi The Potters itu adalah kemenangan terbesar dalam sejarah klub di kompetisi yang disebut-sebut sebagai yang paling kompetitif di dunia itu.

Hasil ini juga menjadi kado perpisahan buruk bagi ikon klub Liverpool, Steven Gerrard, yang memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama The Reds dan bermain untuk klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy. Kekalahan 1-3 atas Crystal Palace di pertandingan terakhirnya di Anfield serta hasil 1-6 atas Stoke di laga pamungkasnya akan menjadi kenangan yang buruk bagi Stevie G bersama Si Merah.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X