Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemilihan Pemain Timnas Brasil Dilakukan Sponsor

By Suryo Wahono - Senin, 18 Mei 2015 | 20:29 WIB
Neymar Jr, salah satu pemain yang nilai jualnya tinggi.
Getty Images
Neymar Jr, salah satu pemain yang nilai jualnya tinggi.

Skandal sepak bola baru ini sedang hangat dibicarakan di Brasil. Sebuah surat kabar Sao Paulo menuduh tim nasional negara itu hanya mengambil pemain yang dipilih oleh sponsor dan mitra komersial sejak 2006. Pilihan tersebut konon berdasarkan nilai jual sang pemain.

Surat kabar Estadao mengklaim telah memperoleh bukti kontrak antara Asosiasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan ISE, sebuah perusahaan yang berbasis di Kepulauan Cayman tanpa karyawan, yang menyatakan bahwa hanya mitra komersial Selecao yang boleh memutuskan siapa yang bermain untuk tim di pertandingan internasional, sementara manajer nyaris tak punya kuasa dalam seleksi tim.

ISE adalah salah satu anak perusahaan dari Arab Saudi, Dallah Al-Baraka, yang punya investasi di berbagai industri termasuk keuangan, transportasi, dan kesehatan.

Dalam dokumen itu kabarnya CBF harus mengajukan permintaan kepada ISE jika ingin memanggil pemain, yang kemudian diputuskan dulu apakan dia punya "nilai pemasaran yang sama" sebelum masuk skuat.

Bintang-bintang Brasil dalam timnas itu tiap pertandingan wajib lapor kepada ISE agar mendapat laporan medis, yang nantinya bisa dipakai untuk pembuktian bila cedara, lalu sponsor akan menyetujui penggantian yang sesuai.

Pasal 9.1 berbunyi: "CBF akan memastikan dan menjamin bahwa para pemain ini bermain di kompetisi resmi dalam tiap kompetisi dan pertandingan."

Perjanjian awal selama 10 tahun dan kabarnya telah diperbaharui oleh mantan Presiden CBF Ricardo Teixeira empat tahun lalu. Bila federasi Brasil itu melanggar kesepakatan, mereka hanya dibayar setengah dari 1,05 juta dolar (sekitar 13 miliar rupiah).


Editor : Suryo Wahono
Sumber : The Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X