Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Thierry Henry Lewati Rekor Michel Platini

By Caesar Sardi - Kamis, 28 Mei 2015 | 14:36 WIB
Thierry Henry, cetak tiga gol bersejarah.
Jamie McDonald/Getty Images
Thierry Henry, cetak tiga gol bersejarah.

Swiss, siapa lagi bakal menyusul? Demi indahnya putaran final Euro 2008, kita tentu berharap para jagoan tradisional seperti Prancis, Italia, dan Belanda juga terus melaju.

Posisi Les Bleus dan juara dunia Italia di Grup B masih terbilang lebih cerah ketimbang Inggris (E). Demikian juga halnya De Oranje, yang masih dinaungi keberuntungan di Grup G.

Skotlandia, yang semula kokoh memimpin Grup B dengan meraih kemenangan 3-1 atas Ukraina pekan lalu, pada Rabu (17/10) takluk 0-2 di Georgia lewat gol Levan McHedlidze dan David Siradze. Nyata terlihat bahwa tidak fitnya Darren Fletcher dan Barry Ferguson membuat lini tengah Tartan Army jadi kurang bernyawa.

Kondisi ini membuat pasukan Alex McLeish menanggung beban berat ketika harus menyambangi Gli Azzurri bulan depan. Sebagai catatan, Italia pekan lalu berhasil mengatasi Georgia 2-0 di Genoa lewat gol Andrea Pirlo dan Fabio Grosso.

Pelatih Azzurri, Roberto Donadoni, menyebut kekuatan Skotlandia tentu sudah pulih pada November mendatang. “Tak banyak yang bisa saya ucapkan sekarang. Kondisinya akan berubah bulan depan, tapi anak-anak harus memberikan kemampuan terbaiknya saat itu,” sebut Donadoni pada Tuttosport.

Belanda Aman

Prancis, yang semula ada di peringkat ketiga, kini menjadi favorit setelah berturut-turut menang 6-0 di Kepulauan Faroe dan mengalahkan Lituania 2-0 di Saint Denis. Sebanyak tiga gol Thierry Henry di dua laga tersebut membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak untuk Les Bleus (43).

Koleksi gol Titi ini melewati rekor Michel Platini (41). “Target saya berikutnya adalah membawa Prancis meraih tiga angka di Ukraina,” ujar Henry seperti dikutip ESPN.

Sementara itu De Oranje di midweek ini mengalahkan Slovenia 2-0 di Eindhoven sehingga menebus penampilan buruk mereka di Rumania. Kekalahan 0-1 dari Tricolorii pekan lalu rupanya membuat Wesley Sneijder dan Klaas-Jan Huntelaar terlecut menyumbang gol ke gawang Slovenia.

Posisi skuad asuhan Marco van Basten relatif aman di Grup G setelah potensi gangguan yang bakal muncul dari Bulgaria ternyata berkurang. Ya, di luar dugaan minggu ini Bulgaria tertahan 1-1 di Albania. Lawan-lawan terakhir De Oranje bulan depan adalah Luksemburg dan Belarusia.

(Penulis: Darojatun)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 19 Oktober 2007, BOLA Edisi No. 1.767


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X