Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenal Lebih Dekat - Dnipro Dnipropetrovsk

By Firzie A. Idris - Selasa, 26 Mei 2015 | 21:32 WIB
Dnipro, nama dari sungai terbesar di Ukraina
GENYA SAVILOV / AFP
Dnipro, nama dari sungai terbesar di Ukraina

nama paten seperti Ajax Amsterdam dan Napoli dalam perjalanan ke partai pamungkas kontra Sevilla, Rabu (27/5).

Tim asuhan Myron Markevych finis sebagai runner up Liga Premier Ukraina untuk kesempatan menembus fase grup Liga Champion. Pencapaian tersebut merupakan posisi terbaik klub dalam satu dekade terakhir. 

Dnipro mendapat namanya dari sungai raksasa Dnieper yang membelah kota 
Dnipropetrovsk, kota terbesar keempat Ukraina.
Klub berganti nama dua kali sebelum menjadi Dnieper
pada akhir 1961 setelah pindah kepemilikan tangan. Era keemasan tim datang 
pada 1980an. Klub menjuarai Liga Utama Soviet pada 1983 dan 1988. Nama Dnipro baru diadopsi setelah tumbangnya Uni Soviet.
Dnipro kini berada di bawah kendali badan swasta, Grup PrivatBank. Bisnis mereka berbasis di Ukraina dan meliputi ribuan perusahaan di negara Eropa timur tersebut, plus Uni eropa, Rusia, Romania, hingga Amerika Serikat.

Dnipro mendapat namanya dari sungai raksasa Dnieper yang membelah kota Dnipropetrovsk, kota terbesar keempat Ukraina dengan satu juta penduduk. Dnieper adalah sungai terpanjang di Ukraina dan Belarus yang menjadi urat nadi ekonomi negara-negara Eropa Timur tersebut.

Klub didirikan pada 1918 sebelum berganti nama beberapa kali dan mengadopsi nama Dnieper pada akhir 1961 setelah pindah kepemilikan tangan ke pabrik mesin Yugmash.

Era keemasan tim datang pada 1980an. Klub menjuarai Liga Utama Soviet pada 1983 dan 1988. Nama Dnipro baru diadopsi setelah tumbangnya Uni Soviet pada awal 1990-an.

Dnipro kini berada di bawah kendali perusahaan swasta, Grup PrivatBank. Bisnis mereka berbasis di Ukraina dan meliputi ribuan perusahaan tidak hanya di negaranya, tapi juga Uni eropa, Rusia, Romania, hingga Amerika Serikat.

Mungkin oleh karena itu, untuk takaran klub Ukraina, situs klub terhitung sangat lengkap dan memiliki banyak informasi dalam bahasa Inggris.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X