Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serie A Liga Tertua di Eropa

By Tulus Muliawan - Kamis, 21 Mei 2015 | 22:05 WIB
Antonio Di Natale, andalan gaek Udinese.
Dino Panato/Getty Images
Antonio Di Natale, andalan gaek Udinese.

14 dalam jurnal bertajuk Report Calcio 2015. 

Hasilnya memperlihatkan secara jelas bahwa Serie A masih didominasi pemain asing. Sebanyak 54,1 persen pemain pada musim 2013/14 adalah non-Italia.
Lambatnya regenerasi terpapar dalam fakta klub-klub Serie A cuma menggunakan jasa 8,4 persen pemain hasil akademi sendiri di tim utama!

Hasilnya memperlihatkan secara jelas bahwa Serie A masih didominasi pemain asing. Sebanyak 54,1 persen pemain pada musim 2013/14 adalah non-Italia. Lambatnya regenerasi terpapar dalam fakta klub-klub Serie A cuma menggunakan jasa 8,4 persen pemain hasil akademi sendiri di tim utama!

Angka partisipasi itu merupakan yang terendah di antara liga-liga top Eropa. Bandingkan dengan Ligue 1 Prancis yang menggunakan 23,6 persen pemain akademi. Data lebih mengkhawatirkan bagi timnas Italia muncul.

Berdasar studi itu, Serie A adalah liga tertua di antara 54 kompetisi level top di negara Eropa. Rataan usia pemain Serie A mencapai 27,32 tahun. Selanjutnya ada Liga Utama Turki (rata-rata 26,78 tahun), Rusia (26,7), Inggris (26,7), dan Spanyol (26,39).

Menjadi logis jika atmosfer sepak bola Negeri Piza tetap mendukung bersinarnya figur-figur lokal veteran seperti Antonio Di Natale (37 tahun), Luca Toni (37), atau Francesco Totti (38).


Editor : Beri Bagja
Sumber : La Repubblica


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X