Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Etihad Rambah Chelsea

By Caesar Sardi - Selasa, 12 Mei 2015 | 14:39 WIB
Peter Kenyon, aspirasi serupa.
Ian Walton/Getty Images
Peter Kenyon, aspirasi serupa.

perusahaan dari Timur Tengah juga antre menjadi sponsor.

Etihad Airways menjadi penerobos terakhir ke belantara sponsorship klub Premier League. Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab ini menempatkan diri menjadi sponsor kategori Platinum untuk Chelsea selama tiga musim.

“Kedua belah pihak memiliki aspirasi serupa dalam bidang yang kami geluti. Hal ini membuat persetujuan berjalan alami. Etihad dengan cepat telah menjadi kekuatan besar dalam industri penerbangan,” tutur Peter Kenyon, Chief Executive Chelsea, saat penandatanganan kontrak.

“Kerja sama dengan Chelsea menandai bab baru dalam sejarah Eithad Airways,” sebut James Hogan, CEO Etihad. Perusahaan ini memang menegaskan ambisi besar mereka dengan menjadi sponsor The Blues.

Selain penempatan logo maskapai di stadion Stamford Bridge, perjanjian tersebut juga menghasilkan kerja sama dalam beberapa proyek, termasuk kemungkinan tur ke UEA dan Asia Tenggara. Belum jelas apakah Indonesia menjadi salah satu negara tujuan tur. Nama Etihad juga akan tertera dalam buku program pertandingan dan publikasi Chelsea lainnya.

Ian Burns, juru bicara Etihad, menolak menyebutkan besar kontrak selama tiga tahun ini. Namun, dalam rilis dan situs resmi, disebutkan tujuh digit alias telah memasuki angka sekian juta pound.

Jejak Emirates

Maskapai yang menerbangkan pesawat-pesawat mereka ke 45 titik tujuan yang tersebar di Timur Tengah, Eropa, Amerika Utara, Afrika, dan Asia ini tak menutupi niat menjadikan Chelsea sebagai alat pemasaran mereka.

Untuk London, kota kediaman The Blues, perusahaan yang berdiri pada 2004 itu memiliki dua penerbangan dari Abu Dhabi, markas mereka, ke bandara Heathrow setiap hari.

Etihad tak pelak tengah mengikuti jejak Emirates, maskapai terbesar di Arab. Berbasis di Dubai, Emirates mengikat Arsenal selama 15 tahun dengan kontrak 100 juta pound sejak 2004. Maskapai ini bahkan pernah menjadi sponsor utama untuk The Blues sebelum kedatangan Samsung.

Efek terheboh adalah pemakaian nama Emirates untuk stadion baru The Gunners di Ashton Grove--berkapasitas 60 ribu penonton yang pembangunannya menghabiskan dana 357 juta pound--mulai musim lalu. Selain The Gunners, Emirates juga menjadi sponsor untuk PSG dan Milan selama tiga tahun.

Ikatan bagus dengan Chelsea bisa menjadi awal bagus bagi Etihad untuk merambah dunia. Yang jelas perjanjian ini dibuat sebelum Jose Mourinho hengkang dari Stamford Bridge.

(Penulis: Christian Gunawan)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.761, 25 September 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X