Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

SSB Bisa Menjual Pemain Binaan

By Aning Jati - Rabu, 18 Februari 2015 | 17:07 WIB
SSB di Indonesia memiliki banyak pemain berbakat.
SSB di Indonesia memiliki banyak pemain berbakat.

Sekolah sepak bola pada prinsipnya adalah tempat pembinaan. Namun tak menutup kemungkinan, SSB menjual pemain ke klub profesional. Hal itu bisa terjadi jika pemain sudah memasuki masa dewasa.

Hal itulah yang banyak dilakukan SSB saat pemainnya sudah mulai dilirik banyak klub profesional.

Namun hal itu tak diakui secara terang-terangan oleh pembina SSB. "Kami hanya membantu mencarikan klub. Sebetulnya ini lebih pada inisiatif individu, bukan SSB," tutur Mursyid Effendi, pembina sekaligus pelatih SSB Mitra Surabaya.

Eks kapten Persebaya itu menyebutkan, pembina atau pelatih di SSB kerap dimintai bantuan oleh pemain atau orang tua pemain untuk mencarikan klub. "Jadi tidak tepat kalau SSB menjual pemain, karena SSB tak mempunyai wewenang untuk itu," tolak Mursyid.

Mursyid mencontohkan, untuk proses negosiasi sampai tanda tangan kontrak, bukan SSB dengan klub profesional atau amatir yang dituju yang melakukan, tapi antara individu pemain itu sendiri dengan klub.

"Artinya, SSB tidak bisa menjual pemain. Bertindak sebagai agen pun tidak, karena agen juga individu, sementara SSB adalah semacam wadah," jelasnya. (Fahrizal Arnas)


Editor : Ary Julianto
Sumber : BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X