Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Timnas U-23 Mantapkan Pola 4-3-3

By Caesar Sardi - Senin, 11 Mei 2015 | 23:18 WIB
Ilustrasi.
Dok. BOLA
Ilustrasi.

3-3 buat timnas U-23 yang disiapkan ke SEA Games Thailand Desember 2007. Pola ini sebelumnya dipakai timnas senior ketika berlaga di Piala Asia 2007.

“Setelah saya amati ternyata sejumlah pemain punya potensi untuk bermain sebagai penyerang kiri dan kanan dalam formasi 4-3-3. Kita akan mantapkan formasi ini dalam persiapan,” sebut Kolev.

Di timnas senior, Kolev berhasil meletakkan beberapa pemain di luar kebiasaan yang mereka lakoni di klub. M. Ridwan (PSIS), yang biasa main di bek sayap kanan, dijadikan sebagai bek kiri. Ricardo Salampessy (Persipura), yang biasa main jadi bek tengah, digeser ke bek kanan.

Hal yang sama dilakukan Kolev di skuad U-23. Pelatih asal Bulgaria ini mendorong Christian Warobay jadi penyerang kanan. Biasanya Warobay bermain di posisi bek kanan di Sriwijaya FC.

“Di klub mungkin ada beberapa pemain yang punya posisi menyerang-bertahan hampir sama. Tapi, mungkin di timnas ada pemain yang akan lebih banyak menyerang atau bertahan saja,” ujar Kolev.

Perubahan lain yang cukup ekstrem dilakukan Kolev ketika menempatkan Hendra Ridwan di posisi bek kanan. Jebolan timnas yang berlatih di Belanda tahun lalu ini biasanya bermain di gelandang untuk Persmin.

“Tim ini diisi pemain yang punya pengalaman main di kompetisi divisi utama. Kemampuan mereka rata-rata bagus dan kita saat ini masih bingung untuk menentukan formasi inti,” sebut Widodo C. Putro, asisten pelatih.

Hanya, Kolev cs. tetap membuka peluang buat keluarmasuk pemain. Rencananya timnas U-23 akan berangkat ke Argentina untuk berlatih pada 25 September-25 Oktober.

“Kalau ada pemain di luar timnas yang perkembangannya bagus tentu mereka punya kesempatan. Pemain yang ada sekarang juga harus tetap menunjukkan mereka pantas ada di timnas,” sebut Kolev.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.761, 25 September 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X