Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

LVG: Scholes itu Fan dan Fan Boleh Mengkritisi

By Suryo Wahono - Sabtu, 14 Februari 2015 | 09:00 WIB
Louis van Gaal, ingin membawa senyuman kembali ke wajah fan United.
Getty Images
Louis van Gaal, ingin membawa senyuman kembali ke wajah fan United.

Meski ManchesterUnited kembali ke jalur kemenangan setelah sempat ditahan imbang melawan West Ham, Louis van Gaal tetap tak bisa lepas dari kritik. Terakhir, dari Paul Scholes lewat tulisan kolom, yang mengatakan bahwa permainan United sekarang menyedihkan. Sejumlah fan juga menunjukkan reaksi negatif dengan gaya baru tim dengan bersiul saat pertandingan.

Namun, Louis van Gaal menegaskan, baik dia maupun para pemain United, tidak akan terganggu tidurnya lantaran dikritisi, termasuk dari Paul Scholes.

Mantan gelandang Timnas Inggris tersebut mengatakan beberapa kali gaya bermain United di bawah Van Gaal "menyedihkan" dan mempertanyakan kenapa Robin van Persie dan Radamel Falcao tampak seperti "orang asing" saat kemenangan 3-1 melawan Burnley. Scholes juga mengkritisi soal Wayne Rooney dipasang di lini tengah.

Selain Scholes, bahkan agen Falcao, Jorge Mendes juga turut memberi komentar miring. Dia mengatakan United tak akan berpayah-payah jika Ferguson masih menjadi manajer, sementara Sam Allardyce menyebut tim Van Gaal bermain umpan-umpan panjang. Juga, striker veteran Preston, Kevin Davies sempat mengejek menjelang pertandingan Piala FA timnya melawan Si Setan Merah di Deepdale. Dia mengklaim skuat United tampak tidak bahagia.

LVG menolak untuk terpengaruh dengan semua itu. "Saya tidak khawatir tentang hal itu, tidak begitu menarik sebab saya pikir dia (Scholes) adalah salah satu fan, saya harap, dan dia bisa mengkritisi," kata bos United itu.

"Fan boleh mengkritisi dan itu tidak masalah."

"Saya sudah terbiasa dan saya pikir semua pemain juga terbiasa sebab mereka pemain sepak bola profesional."

"Mungkin beberapa pemain ada yang terpengaruh, tapi biasanya, itu tidak memengaruhi saya maupun pemain."

Kendati mengaku tak terpengaruh, namun Van Gaal mengaku khawatir tentang sikap negatif dari para pendukung dan berharap bakal membawa kembali senyum ke wajah mereka dengan mencatat kemenangan komprehensif melawan Preston North End.

"Sekarang ini hasil sangat penting, tapi saya pikir gaya bermain juga penting sebab Anda bermain untuk fan. Manchester United punya banyak penggemar, sehingga Anda harus bermain untuk mereka."

"Pada pertandingan perikutnya kami bisa menunjukkan bahwa kami masih dalam proses dan positif."

Lebih jauh, LVG menegaskan bahwa dia memang sedang mencoba beberapa variasi pola permainan supaya tim lebih atraktif. Meski belum menemukan formasi dan gaya yang mantap dan stabil, namun Van Gaal menganggap itu tidak masalah karena hasilnya sejauh ini cukup bagus. Selain itu, Mantan pelatih Muenchen itu juga mengatakan bahwa alasan lain soal pergantian formasi adalah karena dia harus melakukannya di tengah kompetisi, sementara semestinya hal itu dilakukan saat pramusim.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : The Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X