Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Nasib McLaren Ditentukan Kamis

By Caesar Sardi - Senin, 4 Mei 2015 | 13:08 WIB
Fernando Alonso, nasibnya tergantung sidang WMSC FIA.
Paul Gilham/Getty Images
Fernando Alonso, nasibnya tergantung sidang WMSC FIA.

1 yang melibatkan Ferrari dan McLaren tampaknya akan mencapai puncak Kamis (26/7) ini. Sesuai jadwal, Federation Internationale de l'Automobile (FIA) melalui World Motor Sport Council (WMSC) akan menggelar dengar pendapat (hearing) tentang kasus ini dengan McLaren.

Apa pun keputusannya, jika dalam sidang tersebut McLaren terbukti bersalah dan melanggar pasal 151c International Sporting Code (ISC), maka penalti yang diterima bisa berupa apa saja, mulai dari peringatan ringan hingga diskualifikasi. Beberapa pengamat memprediksi, jika McLaren terbukti bersalah maka ada dua kemungkinan hukuman yang paling mungkin. Pertama adalah denda dalam jumlah besar, kedua pemotongan angka di kejuaraan baik untuk pembalap maupun konstruktor, atau gabungan keduanya. Keputusan diperkirakan bakal keluar pada hari itu juga (Kamis sore waktu Paris, malam WIB).

Walaupun McLaren berulang kali membela diri bahwa Mike Coughlan sebagai satu-satunya pihak yang mengetahui rahasia setebal 780 halaman milik Ferrari, tanggung jawab secara kolektif tetap akan dijatuhkan kepada McLaren.

Salah satu bagian paling krusial yang akan menentukan keputusan sidang adalah penilaian FIA tentang mobil McLaren. Jika mobil tersebut terbukti tidak memuat rahasia teknis yang dimiliki Ferrari, bisa jadi McLaren akan selamat. Namun, jika ada bagian, sekecil apa pun, yang membuktikan penerapannya pada mobil McLaren, ceritanya akan berbeda.

FIA dilaporkan sudah punya cukup bukti untuk menunjukkan bahwa McLaren mengetahui rahasia mobil Ferrari. Salah satu petunjuknya justru bukan dari elemen yang digunakan McLaren di mobil mereka, tapi dari suksesnya protes yang dilancarkan mereka tentang penggunaan flexible floor oleh Ferrari di awal musim 2008. Logikanya, pada bagian yang hampir tidak bisa terlihat oleh kasat mata itu, hampir mustahil tim lain bisa mengetahui persis detail elemen yang dipakai Ferrari.

Dari Spanyol, harian AS menyebutkan bahwa Fernando Alonso punya hak untuk bebas keluar dari tim McLaren seandainya tim tersebut terbukti bersalah.

(Penulis: Andi Yanianto)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 27 Juli 2007, BOLA Edisi No. 1.744


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X