Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ritus Aneh yang Biasa Dilakukan Kiper

By Ade Jayadireja - Sabtu, 9 Mei 2015 | 16:30 WIB
Iker Casillas
Getty Images
Iker Casillas

Ada beberapa pesepak bola, bahkan pemain top, yang masih mempercayai takhayul. Mereka melakukan ritus yang diyakini bisa menghadirkan keberuntungan.

Berikut ini adalah ritus-ritus aneh yang biasa dilakukan para kiper sebelum turun gelanggang.

1. Selfie
Ritus ini dilakukan kiper Chelsea, Thibaut Courtois. Sebelum bertanding, ia selalu pergi ke toilet dan kemudian foto selfie di sana.

"Saya memotret diri sendiri dan mengirimkannya kepada empat sahabat yang ada di Belgia," ujar Courtois kepada situs asal Belgia, Sport.be.

2. Berlutut di Bawah Gawang
Biasanya dilakukan oleh pemain yang religius. Keylor Navas, contohnya. Kiper kedua Real Madrid itu berdoa selama lima sampai sepuluh menit di bawah gawangnya.

“Saya adalah manusia yang memiliki Tuhan. Tidak ada alasan bagi manusia untuk meninggalkan Tuhan. Sebab itulah saya begitu bahagia, sesulit apapun hidup yang saya jalani,” ujar Navas seperti dikutip dari ABC Espana.com.

3. Menyentuh Tiang Gawang
Cukup banyak kiper yang menyentuh tiang gawangnya setelah timnya berhasil mencetak gol. Penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, adalah salah satunya.

"Ada beberapa ritual di dalam dan luar lapangan. Contohnya adalah menyentuh mistar gawang setiap tim kami mencetak gol," tutur Casillas.

4. Memakai Kaus Kaki Terbalik
Ritus ini juga dilakukan oleh Casillas. Ia memakai kaos kaki dengan terbalik, yaitu bagian luar di dalam dan sebaliknya.

5. Buang Air Kecil di Lapangan
Ritual ini memang gila dan aneh, tapi ada kiper yang nekat melakukannya. Dia adalah Sergio Goycochea.

Goycochea, yang merupakan mantan kiper timnas Argetina, selalu sukses mementahkan penalti pemain lawan setelah buang air kecil di samping gawangnya. Hal konyol ini ia lakukan di perempat final Piala Dunia 1990.


Editor : Ade Jayadireja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X