Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wah, La Liga Berhenti Bergulir per 16 Mei 2015!

By Indra Citra Sena - Jumat, 8 Mei 2015 | 07:31 WIB
Partai final Copa del Rey antara Barcelona vs Bilbao batal digelar pada 30 Mei 2015.
Alex Caparros/Getty Images
Partai final Copa del Rey antara Barcelona vs Bilbao batal digelar pada 30 Mei 2015.

Selama beberapa pekan terakhir, pemberitaan olah raga tanah air banyak berkutat soal perseteruan antara kubu pemerintah dengan asosiasi sepak bola Indonesia (PSSI) serta pembubaran kompetisi domestik. Situasi sejenis ternyata juga terjadi di Spanyol.

Pada Rabu (6/5) petang waktu setempat, Federasi Sepak bola Spanyol alias RFEF mengambil keputusan menghentikan seluruh kompetisi di Negeri Matador, mulai dari La Liga, Segunda Division, Tercera Division, hingga Copa del Rey.

Keputusan tersebut mulai berlaku per 16 Mei 2015. Artinya, seluruh kompetisi di Spanyol bakal terhenti sebelum waktunya. Partai final Copa del Rey antara Barcelona versus Athletic Bilbao yang seharusnya berlangsung pada 30 Mei dipastikan batal.

Penghentian kompetisi merupakan buntut dari kontroversi peraturan baru pemerintah Spanyol terkait sistem pembagian hak siar. Pihak pemerintah menginginkan pembagian hak siar yang lebih merata kepada setiap klub sepak bola di Spanyol.

Aturan di atas menggantikan sistem lama, di mana masing-masing klub menjual hak siar televisi secara terpisah dan berpotensi untuk meningkatkan harga jual Liga Spanyol. Sistem ini membuat menghadirkan keuntungan berlipat ganda kepada klub-klub raksasa seperti Real Madrid dan Barcelona.

Keduanya bisa mendapatkan pemasukan yang sangat tinggi, bahkan melebihi nominal 100 juta euro (sekitar 1,46 triliun rupiah). Sebaliknya, klub-klub medioker kesulitan mendapatkan pemasukan besar karena jatah hak siar mereka pas-pasan.



Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X