Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-23 Cukur Timor Leste di SUGBK

By Ade Jayadireja - Jumat, 27 Maret 2015 | 20:54 WIB

23 mengawali perjalanan di babak kualifikasi Piala AFC U-23 2016 dengan sangat baik. Menghadapi Timor Leste dalam laga perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/3), Garuda Jaya berhasil memetik kemenangan telak 5-0.

Sejak wasit meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Manahati Lestusen dkk. coba membongkar pertahanan Timor Leste melalui sisi kiri dan kanan lapangan.

Peluang pertama tercipta pada menit ke-24. Bola hasil sepak pojok berhasil disambar oleh I Putu Gede yang berdiri di sudut kotak penalti, tapi si kulit bundar jatuh tepat di pelukan kiper Maxanches.

Tiga menit berselang, Indonesia akhirnya mendapatkan gol pertama via kaki Adam Alis. Gelandang anyar Persija Jakarta itu memperdaya Maxanches dengan tendangan keras dari sisi kanan kotak penalti Timor Leste.

Muchlis Hadi Ning nyaris memperbesar keunggulan Garuda Muda  pada menit ke-20. Dalam posisi berdiri di mulut gawang, eks penggawa timnas U-19 itu menanduk bola hasil kiriman dari sayap kiri, tapi bola bisa ditepis kiper.

Keuntungan buat Indonesia setelah wasit memberikan hadiah penalti pada menit ke-45. Manahati, yang maju sebagai eksekutor, menceploskan bola dengan tenang ke sisi kanan gawang Timor Leste.

Gol dari Manahati menjadi yang terakhir di babak pertama. Indonesia turun minum dengan mengantongi keunggulan 2-0.

Masuk babak kedua, Timor Leste coba menekan Indonesia sejak awal. Namun, Garuda Muda dengan cepat kembali mendominasi permainan.

Enam menit babak kedua berjalan, tepatnya pada menit ke-51, Indonesia memperbesar selisih angka menjadi 3-0. Kali ini giliran Evan Dimas yamg mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan Muchlis, Evan berlari ke sisi kiri kotak penalti Timor Leste dan kemudian menceploskan bola ke sudut kanan bawah gawang tim rival.

Baru saja bersuka cita menyambut gol ketiga, Indonesia mendapat derita. Mereka harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain setelah Zulfiandi mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-55.

Indonesia tetap tampil dominan meski kalah jumlah pemain. Skuat asuhan Aji Santoso justru berhasil menambah pundi-pundi gol. Menit ke-65, dalam situasi kemelut di dalam kotak penalti, Muchlis berhasil merebut bola dari kaki pemain Timor Leste dan kemudian menceploskannya ke gawang.

Papan skor kembali berubah di menit ke-85. Indonesia semakin jauh memimpin 5-0 setelah tendangan bebas mendatar dari Hansamu Yama tak mampu dibendung Maxanches.

Sejumlah peluang diciptakan Timor Leste di sisa waktu babak kedua. Namun, hingga terdengar bunyi peluit panjang tanda akhir pertandingan, tak ada gol tambahan yang terjadi.

Indonesia U23: Natshir, Lestaluhu, Hansamu, Muchlis Hadi Ning, Evan, Wawan, Manahati, Putu Gede, Adam, Zulfiandi, Ilham Udin

Timor Leste: Maxanches, Sarmento, Victor, Filipe, Januario, Martins, Frangcyatma, Agostinho, Nidio, Reis, Fonseca


Editor : Ade Jayadireja
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X