Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Juventus Terpaksa Barter Pemain

By Caesar Sardi - Selasa, 7 April 2015 | 18:36 WIB
Sergio Almiron, harus ditukar tiga pemain muda.
New Press/Getty Images
Sergio Almiron, harus ditukar tiga pemain muda.

Dana terbatas menjadi penghambat bagi Juventus dalam urusan belanja pemain baru. Tak ada pilihan lain, I Bianconeri kudu menggunakan sistem barter agar bisa mendapatkan pemain incaran mereka.

Setidaknya terdapat dua klub yang bersedia melepas pemain mereka ke Juventus dengan sistem pertukaran. Empoli kabarnya siap melego gelandang Sergio Almiron asalkan Juventus mau memberikan tiga orang pemain muda sekaligus, yaitu Rej Volpato, Matteo Paro, dan Sebastian Giovinco, sebagai bagian dari perjanjian transfer.

Pihak Palermo juga mengajukan syarat yang nyaris serupa. Klub yang bermarkas di Stadion Renzo Barbera tersebut bersedia menurunkan harga Andrea Barzagli dari 15 juta euro (182,4 miliar rupiah) menjadi sepuluh juta euro (121,5 miliar rupiah). Ini dengan catatan Juventus harus mau memberikan Paro kepada Palermo.

Cara tersebut mungkin efektif untuk membeli pemain semenjana. Namun, jika masih menginginkan pemain berkelas, seperti Klaas Jan Huntelaar atau Frank Lampard, Juventus tetap harus siap merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk mendapatkan Huntelaar saja, Juventus harus menyiapkan dana setidaknya 15 juta euro (182,4 miliar rupiah). Itu pun masih harus bersaing dengan Manchester United, yang juga membidik striker Ajax Amsterdam tersebut.

Sementara itu, nilai transfer Lampard bisa mencapai 25 juta euro atau sekitar 303,4 miliar rupiah.

“Kami menginginkan banyak pemain baru. Namun, dengan dana terbatas, kami harus lebih selektif dalam belanja pemain,” ucap striker Juventus, Alessandro del Piero, kepada Tribalfootball.

Buffon Bertahan

Juventus memang terkesan ngotot ingin mendatangkan sederet wajah baru. Sah-sah saja mengingat mereka berambisi merebut kembali scudetto yang sempat hilang setelah terdampar di Serie B selama satu musim.

Selain itu, kubu La Vecchia Signora juga terancam kehilangan beberapa pemain pilarnya, termasuk sang ujung tombak, David Trezeguet.

Pemain asal Prancis ini mengaku sudah tidak kerasan berada di Juventus dan berniat untuk segera angkat kaki. Ahad lalu, dalam pekan terakhir Serie B, setelah mencetak gol ia menyindir Presiden Juve yang berada di tribun. Ia membuat gerak isyarat untuk angka 15—jumlah gol yang dibuat musim ini—dan pergi dari klub ini.

“Klub ini tidak menghargai saya. Oleh sebab itu, saya akan pergi dan mencetak gol di tempat lain saja,” ujar Trezegol.

Well, tidak semua pemain veteran berniat meninggalkan Juventus. Del Piero dan penjaga gawang Gianluigi Buffon termasuk segelintir pemain yang tetap menunjukkan loyalitasnya kepada Juventus.

“Saya ingin terus berkomitmen kepada tim, klub, dan suporter yang tidak pernah berhenti menunjukkan rasa kasih sayang kepada saya,” ujar Buffon dalam situs resmi Juventus. “Saya percaya kami akan memenuhi target yang telah ditentukan,” imbuh penjaga gawang yang baru saja menandatangani perpanjangan kontrak hingga 30 Juni 2012 bersama Juventus tersebut.

(Penulis: Wieta Rachmatia)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Selasa 12 Juni 2007, BOLA Edisi No. 1.731


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X