Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Saham Atletico Madrid Dibeli Miliarder Tiongkok

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 22 Januari 2015 | 08:17 WIB
Wang Jianlin
Isaac Lawrence/AFP
Wang Jianlin

Atletico Madrid baru saja mengalami kekalahan dari Barcelona di leg pertama babak perempat final Copa del Rey. Kabar baiknya, Los Rojiblancos mendapatkan suntikan dana segar dari miliarder asal negeri Tiongkok.

Wang Jianlin miliarder asal Tiongkok tersebut membeli saham 20% milik klub Atletico Madrid. Bila dikonversikan nilai saham tersebut berkisar US$ 52 juta atau sekitar 650 miliar rupiah. Miliarder asal Tiongkok ini dikenal sebagai pemilik Dalian Wanda perusahaan properti terbesar di Tiongkok.

Semenjak ditangani oleh Diego Simeone, prestasi Atletico Madrid terus menanjak. Klub dengan jersey khas warna merah garis putih ini, musim lalu menjadi penguasa La Liga dan sukses menggapai babak final Liga Champions.

Seperti dilansir dari BBC, masuknya dana segar dari Tiongkok tersebut membantu kondisi keuangan Atletico yang dalam beberapa tahun ini mengalami belitan utang hingga 500 juta euro. Nantinya, Tiongkok sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia akan menjadi pasar potensial bagi Fernando Torres cs.

Wang Jianlin pengusaha berusia 60 tahun ini sejak lama dikenal fanatik dengan olah raga sepak bola. Bila proses pembelian ini rampung, maka Wang Jianlin akan menjadi pengusaha Tiongkok pertama yang menanamkan modal di klub Eropa.


Editor : Peksi Cahyo Priambodo
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X