Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketajaman Kabayev Ungguli Ronaldo, Messi, Costa!

By Ario Yosia - Rabu, 21 Januari 2015 | 06:43 WIB
Yevgeni Kabayev, tertajam di Eropa.
Kukuh Wahyudi/Bolanews
Yevgeni Kabayev, tertajam di Eropa.

Fan Persija layak berbangga, striker asing Tim Macan Kemayoran Yevgeni Kabayev menjadi pemain paling produktif di Eropa. Striker asal Rusia yang musim lalu membela klub Estonia, Sillamae Kalev, mengoleksi 36 gol. Jumlah golnya jauh meninggalkan tiga penyerang top, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Diego Costa. 

Menurut data resmi UEFA Cristiano Ronaldo di Real Madrid tercatat mencetak 28 gol. Sementara Lionel Messi di Barcelona melesakkan 19 gol sepanjang musim 2013/2014. Di sisi lain Diego Costa yang musim silam membela Atletico Madrid dan kini Chelsea catatan golnya 17 buah.

Sayangnya torehan produktivitas tinggi tersebut tak lantas membuat Kabayev mendapatkan penghargaan Sepatu Emas UEFA. Otoritas tertinggi sepak bola Benua Biru menempatkan Ronaldo sebagai pemain paling tajam dan diikuti oleh Messi di posisi kedua.

Selain jumlah gol UEFA juga menempatkan koefisien pengkalian yang berbeda untuk tiap kompetisi. Nilai koefisien kompetisi Spanyol La Liga lebih tinggi dibanding Liga Estonia. Poin produktivitas akhir Ronaldo 56 menyalip Kabayev. Sesuai rumus koefisien jumlah gol CR7 dikali dua, sementara poin ketajaman Kabayev tidak bertambah karena koefisien pengkalian Liga Estonia hanya satu.

Hanya hal itu tidak mengurangi fakta kalau Kabayev jadi mesin gol paling ganas di Eropa musim lalu. Di klubnya Kabayev di musim 2013/14 tampil sebanyak 35 laga.


Editor : Ario Yosia
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X