Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Tendangan Sendok, Gol Terbaik Totti

By Caesar Sardi - Rabu, 18 Maret 2015 | 15:57 WIB
Francesco Totti, sudah mencetak 200 gol.
New Press/Getty Images
Francesco Totti, sudah mencetak 200 gol.

Dua gol ke gawang Cagliari pada Minggu (20/5) membawa Francesco Totti mencapai prestasi istimewa. Kapten Roma itu telah mencetak 200 gol dalam kariernya. Dari jumlah itu, 149 gol dibuat Totti di Serie A dan 10 gol bersama timnas Italia.

“Ketika mencapai target ini dalam karier Anda, saya pikir angka tersebut tidak perlu dikomentari,” kata Totti, seperti dilansir Il Tempo. “Ini membuat saya senang dan itulah kenapa saya mencoba tidak mendengarkan banyak kritik. Saya ingin bicara di lapangan,” lanjutnya.

Penyerang berusia 30 tahun ini mencetak gol pertama pada 4 September 1994. Saat itu Roma menjalani giornata pertama di Olimpico melawan Foggia. Totti dimainkan Carlo Mazzone untuk mengisi tempat penyerang top Argentina, Abel Balbo.

“Itu hari yang tidak dapat saya lupakan karena saya mencetak gol perdana di Serie A, yang lama saya impikan,” kenang il capitano.

Gol tersebut bukan yang ia pilih sebagai yang paling favorit dan terbaik. “Gol terbaik saya? Tidak mudah memilih satu. Saya memilih gol tendangan sendok ke gawang Inter di San Siro. Tak ada yang menduganya. Ketika mencetak gol seperti itu, Anda merasa lebih pintar dari lawan,” ucap Totti.

Pada 26 Oktober 2005, saat Roma unggul 1-0, Totti mendribel bola dari garis tengah. Setelah melewati beberapa lawan dan mendekati kotak penalti, tiba-tiba ia melepas tendangan dengan cara seperti seseorang saat menyendok makanan di piring lalu diangkat ke atas.

Sepatu Emas

Laga melawan Messina di Olimpico pada Minggu menjadi kesempatan terakhir Totti untuk menambah gol. Ayah dua anak ini setidaknya mesti mencetak dua gol untuk memperbesar peluang meraih Sepatu Emas, trofi untuk pencetak gol terbanyak di liga Eropa.

Totti sudah mencetak 24 gol atau bernilai 48 poin. Ia masih kalah dari Afonso Alves (Heerenveen), yang mencetak 34 gol di Eredivisie atau bernilai 51 poin. Tidak seperti di Serie A atau La Liga, satu gol di Liga Belanda hanya bernilai 1,5 poin.

Pesaing lain Totti adalah Ruud van Nistelrooy. Penyerang Real Madrid itu sudah mencetak 23 gol dan La Liga masih menyisakan tiga pekan lagi.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 25 Mei 2007, BOLA Edisi No. 1.726


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X