Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Putuskan Final PD 2022 pada 18 Desember

By Suryo Wahono - Jumat, 20 Maret 2015 | 03:04 WIB
Stadion Khalifa di Doha, sedang dipersiapkan untuk menyambut Piala Dunia 2022.
Getty Images/Ilustrasi
Stadion Khalifa di Doha, sedang dipersiapkan untuk menyambut Piala Dunia 2022.

Tanggal partai final Piala Dunia 2022 telah ditetapkan. FIFA mengkonfirmasi bahwa final Piala Dunia 2022 di Qatar akan berlangsung pada tanggal 18 Desember.

Sebuah satuan tugas FIFA bulan lalu merekomendasikan bahwa turnamen empat tahunan itu sebaiknya digeser dari musim panas ke musim dingin.

Dengan keputusan ini, tradisi pertandingan Boxing Day dalam sepak bola Inggris pada 26 Desember masih dapat diadakan.

Di ajang lain, FIFA telah memilih Prancis menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2019 dengan mengalahkan Korea Selatan. Prancis juga akan menjadi tuan rumah turnamen U-20 Wanita pada 2018.

"Akhirnya kita tahu akhir turnamen. Itu hari Minggu dan merupakan hari jadi Qatar, sehingga cocok," kata Walter De Gregorio, direktur FIFA, seperti dikutip Reuters.

Selain itu, FIFA juga telah memperpendek Piala Dunia 2022 menjadi 28 hari. Biasanya turnamen berlangsung selama 31 atau 32 hari.

UEFA sempat menginginkan partai final diundur hingga akhir 23 Desember. Namun, opsi itu ditentang oleh banyak anggota FIFA. Mereka khawatir hal itu dapat menimbulkan masalah bagi para penggemar dan pemain. Mereka mungkin tidak bisa tiba di rumah tepat waktu untuk merayakan Hari Raya Natal, selain mempengaruhi jadwal program klub-klub sepak bola.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X