Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lippi: Italia Sangat Membutuhkan Oriundo

By Verdi Hendrawan - Rabu, 25 Maret 2015 | 19:26 WIB
Marcello Lippi
ChinaFotoPress/Getty Images
Marcello Lippi

Jelang pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 menghadapi Bulgaria pada Minggu (29/3) dan laga ujicoba kontra Inggris (1/4), pelatih Antonio Conte telah memanggil dan menaturalisasi beberapa pemain asing keturunan Italia (oriundo). Hal ini dikarenakan pelatih berusia 45 tahun itu tidak memiliki banyak pilihan untuk membela Gli Azzurri.

Mereka adalah Franco Vazquez dari Argentina dan Eder Citadin Martins (Brasil). Meskipun akan mengundang kontroversi, namun hal ini mendapatkan dukungan dari pelatih Marcello Lippi.

Pelatih yang berhasil membawa Gli Azzurri menjadi juara dunia 2006 itu mengatakan bahwa keputusan menaturalisasi pemain asing itu merupakan keputusan yang tepat karena sangat dibutuhkan timnas Italia.

"Kami semua ingin sebuah timnas Italia yang terdiri dari orang Italia. Tapi jika pelatih hanya dapat memilih 34 persen dari pemain Serie A dan ada beberapa hal yang penting, memanggil mereka (oriundo) adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Lippi.

"Tidak peduli mereka adalah seorang oriundi. Selain itu, aturan pun membuat hal tersebut sangat memungkinkan. Namun, tentu saja akan ada kontroversi karena La Nazionale adalah tim milik semua orang dan 60 juta pendukung, bukan hanya Juventini atau Milanisti."

Di sepanjang sejarah perjalanan timnas Italia, mereka memang sangat sering bergantung kepada para oriundo. Sejumlah legenda Gli Azzurri yang identik dengan kejayaan di masa lalu mulai dari Raimundo Orsi dan Luis Monti pada era 1930-an hingga Mauro Camoranesi (2000-an) merupakan contoh beberapa pemain asing yang berhasil membawa Italia berjaya.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X