Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Disorot Media Luar, Apparel Indonesia Minta Maaf

By Verdi Hendrawan - Senin, 9 Maret 2015 | 18:02 WIB
Tulisan di jersey PBFC produksi Salvo.
Twitter
Tulisan di jersey PBFC produksi Salvo.

Produsen apparel Indonesia, Salvo Sports, saat ini tengah menjadi sorotan media luar akibat redaksional washinglabel mereka di seragam Pusamiania Borneo FC (PBFC). Tulisan tersebut dipandang melecehkan kaum wanita.

Di dalam jersey PBFC buatan Salvo itu terdapat tulisan 'give this jersey to your woman. It's her job' atau yang berarti 'serahkan jersey ini kepada istri/pacar Anda. Ini adalah pekerjaan mereka' sebagai instruksi mencuci jersey tersebut.

Kata-kata ini mendapat sorotan dari media luar, seperti Independent dan BBC. Mereka menganggap tulisan tersebut berbau sexist atau merendahkan salah satu gender yang dalam hal ini kepada wanita.

Meskipun kata-kata ini sudah umum menjadi bahan humor, penempatan kata-kata tersebut dipandang tidak layak disematkan di dalam jersey sepak bola. Atas hal ini Salvo pun meminta maaf melalui akun twitter @SALVO_ID dan menjelaskan maksud mereka menuliskan kata-kata tersebut sebagai berikut:

1. Pemilihan redaksional washinglabel tersebut latar belakangnya adalah banyaknya pembeli yg bertanya bagaimana cara merawat jersey yang baik?
2. Setelah berdiskusi, kami masukkan redaksional tersebut dengan tujuan untuk menyingkat karakter. Ditambahkan dengan logo-logo panduan mencuci.
3. Pesan sederhananya "dari pada repot-repot dan salah nyucinya, lebih baik serahkan ke wanita aja, karena mereka memang lebih paham masalah itu"
4. Tidak ada sama sekali maksud untuk merendahkan wanita. Justru sebaliknya, belajarlah merawat pakaian dari wanita karena mereka lebih telaten.
5. Karena memang tidak semua pria paham/becus bagaimana cara merawat sendiri pakaiannya, wanita lebih paham/expert untuk masalah itu.
6. Terkait multi-interpretasi yang timbul kami memohon maaf sebesar-besarnya, demikian penjelasan dari kami. Terimakasih.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Twitter, Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X