Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Subardi Ingin PSSI Berdamai dengan Pemerintah

By Suryo Wahono - Kamis, 19 Maret 2015 | 22:48 WIB
Subardi, memiliki pengalaman buruk berseteru dengan pemerintah.
Gonang Susatyo
Subardi, memiliki pengalaman buruk berseteru dengan pemerintah.

2019 dalam Kongres Pemilihan di Surabaya, 19 April nanti, Subardi, ingin tampil total. Jika mantan Ketua Bidang Kompetisi PSSI ini menang, ia sudah menyiapkan sejumlah jurus berdamai dengan pemerintah.

“PSSI membutuhkan banyak elemen dan bukan personal. Yang penting adalah memperluas jaringan. Yang terutama PSSI tidak bisa lepas dari sinergi atau kemitraan dengan pemerintah. PSSI tidak mampu sendirian mengelola sepak bola nasional. Harus ada sinergi dan bahkan bantuan dari pemerintah,” ujar Subardi.

Subardi juga mengingatkan jika PSSI tidak bisa membangun infrastruktur sepak bola sendirian. “Juga menyangkut masalah pengamanan dan pembinaan. Ini jelas butuh biaya tinggi. Pembinaan sepak  bola tidak hanya mampu menendang atau mengumpan bola tapi pembangunan karakter. Bagaimana bisa melakukan pembinaan kalau tidak ada pemerintah yang memiliki otoritas dalam pendidikan bangsa,” ucap Subardi

Menurut Subardi, membangun sepak bola tak sekadar ada kompetisi profesional yang ditayangkan televisi. Bagaimana dengan pembinaan usia 11 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 18 tahun dan seterusnya. “Tapi yang terjadi saat ini bukan sinergi tapi malah seperti ada gesekan antara PSSI dan pemerintah,” ujar Subardi.

Pengalaman buruk saat menjadi pengurus PSSI yang berseberangan dengan pemerintah, membuat Subardi trauma. “Mohon maaf, saya pernah mengalami situasi seperti ini. Saya benar-benar lelah, sangat lelah. Karena itu, kita harus kondisikan PSSI bersinergi dengan pemerintah. Salah satu contoh, apa PSSI mampu membangun stadion yang memiliki standar keamanan dan kenyamanan. Hanya pemerintah yang bisa melakukannya,” tutur Subardi.


Editor : Ary Julianto
Sumber : Gonang Susatyo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X