Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Brasil Didenda Poin bila Telat Menggaji

By Suryo Wahono - Selasa, 3 Maret 2015 | 22:22 WIB
Pendukung-pendukung Vasco da Gama, salah satu klub populer di Brasil.
Getty Images/Ilustrasi
Pendukung-pendukung Vasco da Gama, salah satu klub populer di Brasil.

klub Brasil dikabarkan bakal mendapat pengurangan poin bila pembayaran gaji pemain tertunda. CBF, federasi sepak bola negara itu, telah menyetujui langkah untuk meningkatkan profesionalitas klub ini.

Menurut laporan Xinhua, proposal tersebut telah memenangi dukungan bulat dari perwakilan klub dalam pertemuan dengan para pejabat CBF. Kendati begitu, para pejabat federasi belum menyepakati lingkup denda dan bagaimana efeknya bagi pemain yang melaporkan pelanggaran.

"Ini merupakan langkah penting. Klub-klub harus berhenti membuat komitmen yang tidak mampu mereka penuhi," kata Presiden Vasco da Gama, Eurico Miranda.

Namun, rencana itu semoat dikritisi oleh gerakan yang disebut Bom Senso, yang membela hak-hak para pemain lokal. Direktur kelompok tersebut, Ricardo Martins, mengatakan langkah yang sama pernah diperkenalkan di liga negara bagian Sao Paulo, tetapi telah gagal.

"Ini benar-benar tidak efisien. Dalam empat tahun (di Sao Paulo) hanya dua atau tiga klub yang telah dihukum," kata Martins.

"Ini juga tergantung kepada pemain yang membuat pengaduan. Ini cenderung tidak jalan karena pemain tidak punya alasan untuk mengambil tindakan terhadap klubnya sendiri. Justru berlawanan, pemain enggan untuk membuat kasus macam ini diketahui."

Belakangan ini ada sejumlah laporan soal keterlambatan pembayaran gaji di antara klub Serie A Brasil. Akibatnya, banyak pemain menuntut klausul dalam kesepakatan baru yang menetapkan sanksi berat bila klub telat bayar gajinya.

Bahkan, ada yang sampai minta pembatalan kontrak jika upah tidak dibayar tepat waktu.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : xinhua


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X