Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manahati: Timor Leste dan Brunei Sudah Berkembang

By Kukuh Wahyudi - Senin, 9 Maret 2015 | 16:44 WIB
Manahati Lestusen
Arief Bagus/Bolanews
Manahati Lestusen

22 tinggal hitungan hari lagi untuk terjun ke Kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H pada 27-31 Maret. Persiapan tengah dikebut tim pelatih agar timnas dapat lolos kualifikasi.

Bagaimana pandangan pemain terkait persiapan timnas saat ini?. Berikut petikan wawancara Kukuh Wahyudi dari Bolanews dengan bek sekaligus kapten timnas U-22, Manahati Lestusen.

Di timnas U-22 Anda ditempatkan sebagai bek tengah. Bagaimana sistem pertahanan tim saat ini?
Kalau dilihat sekarang saya rasa sudah lumayan bagus. Komposisi pemain di barisan belakang sudah yang terbaik.
Mereka tidak hanya bagus saat bertahan saja, tetapi apik kala menyerang. Hal itu menjadi nilai plus di timnas. Semoga kami bisa semakin padu saat di turnamen dan akhirnya bisa meraih hasil terbaik.

Optimistis bisa lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2016?
Saya pribadi selalu optimistis menatap turnamen apapun, termasuk Kualifikasi Piala AFC 2016. Tapi saya tidak tahu bagaimana teman-teman yang lain. Saya rasa sudah seharusnya mereka optimistis juga. Semoga kami bisa melangkah sesuai target, yakni lolos.

Bagaimana melihat peta persaingan dengan kontestan lain di Grup H, Korea Selatan, Timor Leste, dan Brunei Darussalam?
Sudah lumrah dan banyak orang yang bilang bahwa negara kita lebih maju dibanding dua negara Asia Tenggara lain yang bergabung satu grup bersama kami. Tapi sekarang sudah tak bisa lagi serta merta bicara seperti itu. Sepak bola sudah berkembang di setiap negara. Semua sudah merata dan bagus-bagus. Kami harus tetap waspada menghadapi setiap pertandingan.
Menghadapi Korea Selatan kami anggap sama dengan yang lain. Selalu tetap berusaha memberikan yang terbaik. Soal hasil, belakangan saja.

Bagaimana melihat persiapan tim saat ini untuk mengejar target lolos kualifikasi?
Sekarang persiapan kami oke-oke saja. Mungkin tinggal pematangan menjelang turnamen. Kami akan berikan yang terbaik.

Timnas saat ini diisi oleh sebagian besar jebolan SAD dan timnas U-19. Ada komentar?
Bila bicara seperti itu tentu lebih bagus. Yang pasti kami lebih cepat beradaptasi dan kompak karena sudah sering bertemu sebelumnya. Kondisi tersebut membuat kami bisa langsung fokus menjalani sesi latihan yang diberikan tim pelatih.

Apa target yang belum tercapai hingga saat ini?
Saya ingin meraih juara, baik di klub ataupun di timnas. Mungkin saat ini saya ingin menjadi juara bersama timnas lebih dulu. Klub semoga menyusul.

Apa ada target bermain di luar negeri lagi?. Thailand atau Malaysia?
Saat ini tidak ada target seperti itu. Saya masih fokus bersama Barito Putera. Untuk ke depannya tidak ada yang tahu jalan karier seseorang.

Memiliki pengalaman buruk di sepak bola?
Saya sempat mengalami beberapa kekalahan telak saat membela timnas. Tentu itu membuat mental saya jatuh. Tapi, sebagai pemain harus terus berupaya agar bangkit lagi. Selain itu saya rasa tidak ada.

Anda ditunjuk sebagai kapten. Apakah menjadi beban?
Tidak ada beban sama sekali. Justru menjadi kebanggaan buat saya dan keluarga. Tapi, yang terpenting status kapten bukan hanya buat saya, tetapi untuk seluruh tim.


Editor : Kukuh Wahyudi
Sumber : kukuh Wahyudi/Harian Bola


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X