Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bhutan Membuat Kejutan, Menang di Kandang Lawan!

By Aning Jati - Jumat, 13 Maret 2015 | 21:12 WIB
Bhutan, membuat kejutan di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018.
Bhutan, membuat kejutan di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bhutan, negara kecil di Asia Selatan dengan bentuk kerajaan, membuat kejutan. Di jagat sepak bola, nama Bhutan nyaris tak terdengar. Bukan berkaitan dengan wilayah negaranya yang kecil, melainkan karena prestasi Bhutan memang jauh dari bagus.

Pada ranking FIFA terbaru yang dirilis per 12 Maret, Bhutan ada di urutan terakhir daftar anggota FIFA, yakni di peringkat ke-209. Dari data itu, Bhutan tak memiliki satu poin pun alias nol. Posisi negara yang terletak di antara India dan Tiongkok itu di ranking FIFA juga nyaris tak pernah bergeser dari urutan paling buncit.

Namun, kejutan berhasil ditorehkan skuat Bhutan. Pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimainkan Kamis (12/3), timnas Bhutan berhasil mengalahkan Sri Lanka dengan skor 1-0.

Menariknya, kemenangan itu dicapai di kandang lawan di Stadion Sugathadasa, Kolombo. Gol kemenangan Bhutan dicetak di menit ke-84.

Sebagai perbandingan, Sri Lanka saat ini ada di ranking ke-174 FIFA. Sebelumnya, di turnamen South Asian Football Federation (SAFF) 2013, Sri Lanka mengungguli Bhutan dengan skor 5-2.

Bhutan jadi anggota FIFA sejak 2000. Semenjak itu, negara yang dikenal dengan sebutan Druk Yul atau Negara Naga ini hanya pernah memenangi tiga pertandingan, padahal Bhutan tergolong aktif mengikuti sejumlah turnamen.

Tiga kemenangan itu, yakni kala melawan Guam pada penyisihan Piala AFC 2004 dengan skor 6-0, menang 3-2 atas Tibet di laga persahabatan (2007), dan unggul 3-1 atas Afganistan di turnamen SAFF 2008.

Jadi, kemenangan dari Sri Lanka di kandang lawan ini dipastikan jadi momen tak terlupakan buat Bhutan. Presiden FIFA, Sepp Blatter, pun sampai merasa perlu mengucapkan selamat atas kemenangan Bhutan itu secara personal melalui akun Twitter-nya.


Hasil Pertandingan Putaran Pertama Piala Dunia 2018 dari AFC, Kamis (12/3):

India vs Nepal 2-0, Yaman vs Pakistan 3-1, Timor-Leste vs Mongolia 4-1, Kamboja vs Macau 3-0, Taiwan vs Brunei Darussallam 0-1, Sri Lanka vs Bhutan 0-1


Editor : Aning Jati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X