Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden Tiongkok: Bentuk Pemain Sejak Lahir!

By Aning Jati - Jumat, 27 Februari 2015 | 20:48 WIB
Presiden Tiongkok, Xi Jinping, merencanakan reformasi sepak bola.
Handout/Getty Images
Presiden Tiongkok, Xi Jinping, merencanakan reformasi sepak bola.

Reformasi yang lumayan "aneh" digalakkan pemerintah Tiongkok. Seperti dikutip di Xinhua, Presiden Tiongkok, Xi Jinping, ingin mereformasi olah raga di negaranya.

Sebagai fan berat sepak bola, Xi memfokuskan reformasi di olah raga favoritnya itu. Namun, seruan sang presiden untuk mereformasi sepak bola mengundang pertanyaan lanjutan.

"Calon bintang di masa depan harus dilatih sejak lahir dan dari akar rumput. Dunia olah raga, khususnya sepak bola harus mengambil peluang selagi calon bintang itu masih bayi dan berani melakukan reformasi," ujar Xi.

Hanya, seruan itu tak disertai langkah-langkah nyata yang akan diambil pemerintah. Xi yang menjabat sebagai Presiden Tiongkok sejak dua tahun lalu, dalam beberapa kesempatan lalu pernah mengucapkan tiga keinginan terkait sepak bola. Yakni lolos ke Piala Dunia lagi sejak pertama kalinya tampil di Piala Dunia 2002, jadi tuan rumah Piala Dunia, dan memenangi setidaknya satu gelar Piala Dunia.

Selama ini sepak bola di Tiongkok kerap direcoki dengan skandal pengaturan skor serta suap. Perhatian pemerintah juga kurang lantaran lebih memfokuskan pada isu-isu ekonomi. Hal itu tampaknya membuat Xi sampai pada kesimpulan harus membenahi olah raga, khususnya sepak bola.

"Negara yang olah raganya kuat, harus bagus dalam hal sepak bola-nya juga. Hal ini jadi keinginan yang menggebu-gebu dari seluruh rakyat," kata Xi.


Editor : Aning Jati
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X