Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Parah, Kaki Palsu Atlet Paralimpik ini Dicuri

By Suryo Wahono - Jumat, 6 Maret 2015 | 05:44 WIB
Kaki palsu khusus untuk atlet, harganya lumayan mahal.
Ilustrasi
Kaki palsu khusus untuk atlet, harganya lumayan mahal.

Seorang atlet paralimpik terkemuka Amerika Serikat urung berlatih untuk persiapan di Paralimpiade Brasil tahun depan. Pasalnya, kaki palsunya dicuri dari mobilnya di San Francisco.

Kaki palsu yang disebut prosthesis itu terdiri dari pisau serat karbon dan titanium, punya soket lutut yang dioperasikan secara hidrolik, dan secara khusus dirancang agar Ranjit Steiner, nama si atlet, bisa menekuk kaki kanannya supaya bisa berjalan seperti orang kebanyakan. Kaki palsu tersebut kabarnya berharga 30.000 dolar AS.

Steiner mengatakan bahwa dia hendak mengemudi untuk latihan, saat hari ulang tahunnya yang ke-24, tetapi kemudian menyadari bahwa jendela belakang mobilnya telah pecah. Dia sebelumnya meninggalkan mobil di tempat parkir semalaman. Selain kaki palsu, laptopnya juga ikut dicuri.

"Tidak ada nilai untuk siapa pun yang tidak bisa menggunakan alat itu," katanya seperti dikutip Reuters.

"Aku satu-satunya yang bisa menggunakannya. Itu sudah disesuaikan untuk ukuran saya."

Dia berharap asuransi bisa menutupi kerugian tersebut jika polisi tidak dapat menemukan kaki palsunya. Sementara itu, dia masih punya kaki palsu kedua yang bisa digunakan untuk berjalan dan berkegiatan sehari-hari.

Tapi, untuk olah raga, dia butuh kaki khusus karena akan digunakan untuk latihan yoga, bersepeda, berenang, dan latihan beban.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X