Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Jadwal La Liga Untungkan Barca

By Caesar Sardi - Kamis, 5 Maret 2015 | 13:48 WIB
Barcelona, diuntungkan jadwal tak bertemu dengan tim papan atas.
Denis Doyle/Getty Images
Barcelona, diuntungkan jadwal tak bertemu dengan tim papan atas.

Akhir pekan ini, Primera Division La Liga akan memasuki jornada 32. Mereka yang pada awal musim lalu mengira laju kompetisi negeri Spanyol tersebut bakal cuma didominasi duet Barcelona dan Real Madrid tampaknya harus segera meralat ucapan.

Apa pasal? Pada kenyataannya, Primera berjalan amat sengit. Buktinya tujuh pekan menjelang berakhirnya roda kompetisi, selisih antara tim di puncak klasemen dengan klub di tangga kelima hanya enam angka. Jika dipersempit lagi, jarak Barca, Sevilla, dan Madrid, tiga tim teratas, hanya satu poin!

Jangan heran hasil jajak pendapat yang dikeluarkan situs-situs besar Spanyol berbeda-beda. Mayoritas memang mengunggulkan Barcelona. Namun, tak sedikit pula yang menjagokan El Real sebagai calon pemenang lomba.

Bahkan, jumlah mereka yang menaruh Barca di tempat teratas tak lagi unggul mutlak, berbeda sangat tipis. Persentase yang dihasilkan hanya berselisih satu sampai dua persen saja. El Mundo Deportivo malah mengeluarkan persentase kembar, 30% bagi Barca dan Madrid, dan 29% untuk Sevilla.

El Pais, harian terbesar Spanyol, berturut-turut memasang persentase 51%, 28%, dan 12% untuk Barca, Madrid, Sevilla. Hasil di AS kini memperlihatkan Madrid sebagai calon juara dengan 42%, lalu Barca 38%, kemudian disusul Sevilla 9%.

Rumah-rumah taruhan seantero bumi juga terlihat bolak-balik mengubah bursa mereka. Secara garis besar, posisi paling atas tetap dipegang Barca, disusul Madrid, dan ditutup Sevilla. Akan tetapi, lagi-lagi, jurang pemisah di antara mereka bertiga pun semakin tipis.

Tak Ada Jaminan

Perubahan minat publik yang ikut mengisi jajak pendapat serta bergesernya kepentingan para betting company ini memang bisa dimaklumi. Dengan inkonsistensi para pelakon Primera sepanjang musim 06/07 ini, tak ada jaminan soal siapa yang bakal menggondol predikat el campeon nanti.

Namun, jika kita ikuti jadwal yang akan dilalui para kontestan, rasanya Barca berpeluang untuk merebut gelar ketiga mereka secara beruntun. Dari sisa tujuh jornada, bisa dibilang tinggal Atletico Madrid yang berpotensi mengalahkan pasukan Frank Rijkaard.

Acuannya, Atleti, yang bakal dikunjungi pada pekan ke-35, tak pernah bisa ditaklukkan Barca dalam lima laga terakhir. Barca malah menderita tiga kekalahan dalam rentang tersebut. Getafe dan Espanyol juga bisa memberi kejutan, tetapi tak terlalu signifikan karena dua duel ini digelar di Camp Nou.

Bagaimana kans Madrid dan Sevilla? Lantas bagaimana pula peluang Valencia dan Real Zaragoza? Walaupun grafik mereka tengah naik dan secara matematis peluangnya masih terbuka, kuartet ini masih akan terlibat pertarungan head-to-head di antara mereka sendiri.

Sevilla, misalnya, masih harus bertamu ke kandang Madrid dan La Coruna. Pada laga home, Los Blancos pun di antaranya masih ditunggu Zaragoza dan Villarreal. Untuk kasus Madrid, selain menjamu Sevilla, Raul Gaonzalez dkk. masih wajib berkunjung ke Recreativo dan Zaragoza.

Bagaimanapun, ini semua cuma hitungan kasar di atas kertas. Segala kemungkinan masih bisa mencuat ke permukaan. Namun, sederet partai krusial di atas tadi tentu memberi keuntungan tak langsung bagi Barca.

(Penulis: Sapto Haryo Rajasa)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.718, Jumat 27 April 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X