Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Allegri Sukses Temukan Sisi Lain Marchisio

By Theresia Simanjuntak - Jumat, 28 November 2014 | 18:53 WIB
Claudio Marchisio
Marco Luzzani/Getty Images
Claudio Marchisio

0 Juventus atas Malmo, Rabu (26/11), juga memastikan Si Nyonya Tua menyingkirkan rival asal Swedia itu dari Liga Champion 2014/15.

Bagi pelatih Massimiliano Allegri, hasil tersebut mungkin telah membuat fan Juve lupa akan sosok Antonio Conte dari segi taktik.

Conte, yang memberikan tiga trofi Serie A secara beruntun selama tiga tahun kepemimpinannya di I Bianconeri, senang memakai modul tiga bek. Allegri sempat meneruskan formasi tersebut pada awal kariernya bersama Juve.

Namun, sejak menghadapi Olympiacos (4/11), Allegri konsisten memakai pakem empat bek dengan dua varian: pola pohon natal (4-3-2-1) atau berlian (4-3-1-2).

Tidak cuma bek, taktik tersebut membutuhkan gelandang bertahan lebih banyak dari strategi 3-5-2. Allegri bereksperimen pada Claudio Marchisio, seorang gelandang tengah bergaya menyerang.

Percobaan kepada Marchisio sudah dilakukan Allegri sejak 2014/15 bergulir lantaran Andrea Pirlo mengalami cedera.

Beberapa laga terakhir, ketika Pirlo ditempatkan sebagai gelandang bertahan di tengah, Marchisio akan beroperasi di kiri. Hal ini juga terjadi melawan Malmo.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X