Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fan Rasis Chelsea Minta Maaf, tapi Tetap Berkelit

By Tulus Muliawan - Senin, 23 Februari 2015 | 09:45 WIB
Tiga orang yang diduga melakukan aksi rasial.
BBC
Tiga orang yang diduga melakukan aksi rasial.

Aksi rasial yang dilakukan oknum fan Chelsea menjadi sorotan dunia. Penghinaan yang dilakukan sekelompok fan The Blues di Paris, Prancis, itu dinilai sebagai sebuah tindakan bodoh dan memalukan.

Setelah mendapat gambaran lengkap dari CCTV, kepolisian Inggris yang bekerja sama dengan aparat keamanan dari Prancis mulai memeriksa tiga orang yang diduga terlibat dalam kasus penghinaan terhadap pria berkulit hitam bernama Souleymane ini.

Richard Barklie (50), yang diduga menjadi salah satu tersangka rasis, telah menyatakan permohonan maaf kepada publik. Namun, ia berkelit dengan menyebut bahwa dirinya tidak berniat melakukan aksi rasial.

Sebagai hukuman, Chelsea dan pihak kepolisian Inggris sudah menyiapkan langkah hukum untuk pelaku rasial ini. Sejauh ini, setidaknya ada tiga orang yang diduga terlibat melakukan penghinaan di kereta bawah tanah Paris.

Meski telah mengajukan permohonan maaf, aksi rasial yang dilakukan Barklie cs. sulit dimaafkan. Pria yang pernah bekerja sebagai aparat keamanan di Irlandia Utara itu tetap mendapat beragam hujatan dari berbagai kalangan.

Sebelumnya, kasus rasial ini juga mendapat perhatian dari Perdana Menteri Inggris, David Cameron. Ia menilai tindak rasial sebagai sebuah sikap yang sangat mengganggu dan mengkhawatirkan.

"Insiden yang snagat memalukan itu sangat potensial masuk ranah kriminal jadi saya yakin kepolisian Prancis akan melihat kejadian itu sangat serius. Saya juga yakin pihak Chelsea akan bekerja sama menyelesaikan kasus ini," kata Cameron.

Hal serupa juga dituturkan oleh bos Chelsea, Roman Abramovic. Melalui staf Media Officer Chelsea, Abramovic mengecam aksi rasial yang dilakukan fan Chelsea dan meminta maaf atas insiden memalukan yang melibatkan nama besar Chelsea.

"Kami terkejut dengan apa yang kami lihat dan klub juga ingin meminta maaf tanpa syarat kepada Soulemayne atas perilaku sejumlah oknum fan. Kami juga telah melakukan penyelidikan kami sendiri dan juga bersama dengan polisi. Kami telah menjatuhkan sanksi kepada tiga orang itu dan menunggu penyelidikan selesai."


Editor : Tulus Muliawan
Sumber : Mirror, BBC, Daily Mail


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X