Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hari Jadi Mantan Gelandang Barcelona

By Jumat, 13 Februari 2015 | 22:53 WIB
Rafael Marquez
The Guardian
Rafael Marquez

Pada 13 Februari 36 tahun yang lalu, pemain bertahan yang membawa Barcelona dua kali juara Liga Champion, Rafael Marquez, lahir di Zamora, Meksiko. Hingga kini Marquez masih aktif menjadi pemain di klub Serie A, Hellas Verona.

Rafa memulai karier sepak bolanya di tim junior Atlas, salah satu klub di Meksiko. Atlas menjadi pelabuhan pertamanya dalam karier sebagai pemain profesional. Bersama klub asal Guadalajara itu, Marquez mengemas 77 penampilan dan enam gol.

Pemain yang tangguh sebagai bek dan gelandang bertahan itu kemudian hengkang ke Monaco pada 1999 dengan banderol 7 juta euro. Menit bermainnya pun bertambah. Ia mengoleksi 85 penampilan dan lima gol. Ia juga memenangkan gelar Ligue 1 pada musim perdananya, kemudian Coupe de la Ligue (2002/03) dan Trophee des champions (2000).

Barcelona lalu kepincut untuk merekrut Marquez. Rafa kemudian pindah ke Camp Nou pada 2003. Tujuh musim bersama Blaugrana, bermain sebagai gelandang bertahan, Marquez memenangkan empat gelar La Liga, satu Copa del Rey, tiga Supercopa de Espana, satu Piala Super Eropa, satu Piala Dunia Klub, dan dua Liga Champion. Rafa juga menjadi pemain Meksiko pertama yang mengangkat trofi Liga Champions, menang pada tahun 2006 dan 2009.

Marquez kemudian membela New York Red Bulls selama dua musim (2010-2012) dan kembali ke Meksiko untuk memperkuat Leon, sebelum terbang ke Italia pada 2014 untuk mengenakan jersey Hellas Verona. Sepanjang kariernya di timnas Meksiko, Rafa mengoleksi 124 penampilan dan 15 gol. Ia juga dua kali memenangkan Piala Emas CONCACAF (2003 dan 2011) dan satu Piala Konfederasi (1999).


Editor :
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X