Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siulan di Bernabeu Lebih Berisik dari Klakson!

By Rizki Indra Sofa - Senin, 16 Februari 2015 | 21:06 WIB
Carlo Ancelotti dan Iker Casillas
Getty Images
Carlo Ancelotti dan Iker Casillas

Santiago Bernabeu tidak sepenuh biasanya ketika Real Madrid menjamu Deportivo La Coruna pada Sabtu (14/2). Kendati demikian, siulan Madridista tetap terdengar nyaring ketika pengeras suara menyebut dua nama sebelum laga: kapten Iker Casillas dan pelatih Carlo Ancelotti.

Jumlah penonton di laga itu hanya sekitar 68.500 orang. Kapastitas stadion mencapai 81 ribu dan rata-rata penonton di laga kandang Madrid sekitar lebih dari 70-an ribu. 

Meski sejumlah bagian bangku yang kosong terlihat dengan mata telanjang, suara fan Madrid itu tetap terdengar nyaring. Hanya, keriuhan tadi masih belum berupa dukungan. Saat susunan starter Los Blancos disebutkan melalui pengeras suara, sautan siulan segera terdengar nyaris ke semua personel.

Siulan yang paling kencang diterima Casillas dan Ancelotti. Marca menyebut nyaringnya siulan mencapai 110,6 desibel. Level kebisingan siulan itu bahkan lebih tinggi dari momen perayaan tatkala Isco mencetak gol pertama laga (109,2 desibel).

Sebagai komparasi, angka 110,6 desibel itu setara dengan kebisingan pabrik, petir, bahkan lebih berisik dari suara musik rock, kereta ekspres, sampai klakson dari jarak lima meter.

“Normal karena suporter juga frustasi akibat kekalahan 0-4 di derbi, sama seperti kami. Saya dan para pemain paham arti siulan itu,” kata Ancelotti seusai laga di Marca.

“Dukungan fan penting di saat seperti ini. Mudah untuk memuji tim ketika sukses, tapi sulit ketika semuanya sedang susah. Iker juga memahaminya. Dia sempat grogi, tapi lantas main bagus dan diberi aplaus,” ucap Don Carlo.


Editor : Rizki Indra Sofa
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X