Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menguji Fleksibilitas Arsene

By Aning Jati - Selasa, 27 Januari 2015 | 14:25 WIB
Mesut Oezil, kehadirannya mengancam posisi Santi Cazorla.
Mike Hewitt/Getty Images
Mesut Oezil, kehadirannya mengancam posisi Santi Cazorla.

2 Arsenal atas Brighton pada Minggu (25/1) bahwa timnya tak pernah mempunyai opsi menyerang sebanyak sekarang.

Tomas Rosicky mencetak gol tercantik laga di Amex Stadium tersebut dengan voli indahnya. Tendangan brilian sang pemain melengkapi gol-gol Mesut Oezil dan Theo Walcott.
Dari Mathieu Debuchy hingga Rosicky, 11 gol terakhir Gunners datang dari kaki dan kepala sembilan pemain berbeda. Ketergantungan terhadap permainan eksplosif Alexis Sanchez tetap besar. Tapi, setidaknya Arsene Wenger kini punya Theo Walcott serta Mesut Oezil yang mulai kembali ke kebugaran penuh.
Dua pemain yang tampak akan turun secara reguler ketika fit adalah duo akuisisi terbesar klub, yakni Sanchez dan Oezil. Santi Cazorla juga tengah berada dalam performa panas dan Wenger pasti tak ingin menurunkannya ke bangku cadangan.
Hal ini berimbas kepada bentuk tim. Beberapa opsi yang bisa ia terapkan adalah skema tiga gelandang serang di belakang striker tunggal, tiga penyerang dalam formasi 4-3-3, atau memakai satu pemain di posisi nomor 10 untuk mendukung target man.
Pertandingan di Amex membuktikan bahwa Wenger siap memberi Oezil posisi nomor 10 tersebut, baik dalam formasi 4-4-1-1 atau 4-2-3-1. Kendati di atas kertas, ia memulai laga seperti biasa di sisi kiri lapangan, pada faktanya Oezil lebih banyak beroperasi di sektor tengah.
Di slot antar-lini itulah pemuda bermata besar ini pertama memukau publik pada Piala Dunia 2010. “Saya lebih suka apabila ia bermain di tengah. Tim kami lagi pula sangat fleksibel. Jika Anda bermain di kiri, Anda bisa menusuk ke dalam. Kami bisanya punya satu pemain yang lebih sebagai pemain sayap dan satu lebih ke lapangan tengah,” ungkap Wenger.
Permasalahannya adalah Cazorla tampil ekstra ciamik dalam beberapa pekan terakhir dari posisi sentral juga. Eks legenda Arsenal, Thierry Henry, bahkan mengatakan bahwa pemain mungil asal Spanyol ini harus diberi peran di posisi sentral hingga akhir musim.  Alhasil, salah satu terpaksa bermain dari posisi melebar dan fleksibilitas Wenger akan diuji. (frzi)

Tomas Rosicky mencetak gol tercantik laga di Amex Stadium tersebut dengan voli indahnya. Tendangan brilian Si Mozart Kecil melengkapi gol-gol Mesut Oezil dan Theo Walcott.

Dari Mathieu Debuchy hingga Rosicky, 11 gol terakhir Gunners datang dari kaki dan kepala sembilan pemain berbeda. Ketergantungan terhadap permainan eksplosif Alexis Sanchez tetap besar. Tapi, Arsene Wenger kini punya Theo Walcott serta Mesut Oezil yang mulai kembali ke kebugaran penuh.

Dua pemain yang tampak akan turun secara reguler ketika fit adalah duo akuisisi terbesar klub, yakni Sanchez dan Oezil. Santi Cazorla juga tengah berada dalam performa panas dan Wenger pasti tak ingin mengirimnya ke bangku cadangan.

Hal ini berimbas kepada bentuk tim. Beberapa opsi yang bisa ia terapkan adalah skema tiga gelandang serang di belakang striker tunggal, tiga penyerang dalam formasi 4-3-3, atau memakai satu pemain di posisi nomor 10 untuk mendukung target man.

Pertandingan di Amex membuktikan bahwa Wenger siap memberi Oezil posisi nomor 10 tersebut, baik dalam formasi 4-4-1-1 atau 4-2-3-1. Kendati di atas kertas ia memulai laga seperti biasa di sisi kiri lapangan, pada faktanya Oezil lebih banyak beroperasi di sektor tengah.

Di slot antar-lini itulah pemuda bermata besar ini pertama memukau publik pada Piala Dunia 2010. “Saya lebih suka apabila ia bermain di tengah. Tim kami lagi pula sangat fleksibel. Jika Anda bermain di kiri, Anda bisa menusuk ke dalam. Kami bisanya punya satu pemain yang lebih sebagai pemain sayap dan satu lebih ke lapangan tengah,” ungkap Wenger kepada Guardian.

Permasalahannya adalah Cazorla tampil ekstra ciamik dalam beberapa pekan terakhir dari posisi sentral juga. Eks legenda Arsenal, Thierry Henry, bahkan mengatakan bahwa pemain mungil asal Spanyol ini harus diberi peran di posisi sentral hingga akhir musim. Alhasil, salah satu terpaksa bermain dari posisi melebar dan fleksibilitas Wenger akan diuji.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : (Firzie Idris/Harian BOLA)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X