Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peringatan 57 Tahun Tragedi Munich

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 6 Februari 2015 | 14:58 WIB
Tim Man. United tiga hari sebelum tragedi Munich
Getty Images
Tim Man. United tiga hari sebelum tragedi Munich

6 Februari merupakan tanggal yang tidak akan pernah terlupa bagi semua orang yang berkaitan dengan Manchester United. Tepat hari ini 57 tahun silam 23 orang termasuk delapan pemain dan tiga staf Setan Merah menjadi korban tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Munich.

Pada 6 Februari 1958 pesawat British European Airways dengan nomor penerbangan 609 gagal lepas landas di bandara Munich-Riem, Jerman Barat. Seluruh skuat Sir Matt Busby atau yang memiliki julukan Busby Babes ada di pesawat tersebut usai kembali dari Belgrade setelah melakoni pertandingan melawan Red Star Belgrade di pertandingan perempat final Piala Champions. Pesawat tersebut transit di Munich untuk melakukan pengisian bahan bakar.

Akan tetapi, cuaca buruk membuat keberangkatan pesawat dua kali ditunda. Jadwal bertanding yang padat mengharuskan Man. United secepatnya kembali ke Inggris sehingga kapten pesawat tersebut, James Thain memutuskan untuk kembali melakukan percobaan ketiga untuk lepas landas.

Naas pesawat justru tergelincir dan terjadilah kecelakaan maut yang memakan korban jiwa. Sebanyak 21 orang tewas di tempat akibat kecelakaan tersebut. Sementara itu, Co-pilot Kenneth Rayment meninggal tiga pekan setelahnya. Salah satu pemain bintang Inggris saat itu, Duncan Edwards pun turut meninggal 15 hari kemudian pascakecelakaan.

Daftar korban meninggal Tragedi Munich

Pemain Man. United: Roger Byrne (28), Eddie Colman (21), Mark Jones (24), David Pegg (22), Tommy Taylor (26), Geoff Bent (25), Liam Whelan (22) and Duncan Edwards (21).

Staf Man. United: Walter Crickmer, Tom Curry, dan Bert Whalley.

Jurnalis: Alf Clarke, Tom Jackson, Don Davies, George Fellows, Archie Ledbrook, Eric Thompson, Henry Rose, dan Frank Swift.

Kru pesawat: Kenneth Rayment dan Tom Cable

Penumpang lain:
Bela Miklos dan Willie Satinoff.


Editor : Wisnu Nova Wistowo
Sumber : wikipedia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X