Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

8 Kelompok Suporter Paling Agresif di Dunia (2)

By Aning Jati - Kamis, 22 Januari 2015 | 10:25 WIB
Fan Wisla Krakow tak segan membunuh pendukung tim rival.
Purely Football
Fan Wisla Krakow tak segan membunuh pendukung tim rival.

12 dalam sebuah tim. Anggapan itu untuk menggambarkan betapa pentingnya kehadiran suporter atau pendukung bagi sebuah klub.

Namun, kadang kala keberadaan suporter juga bisa menimbulkan masalah bagi klub yang dibela. Tentu bila kelompok pendukung itu kerap membuat ulah negatif, bukannya mendukung klub kesayangan secara positif.

Purely Football mencatat setidaknya ada delapan klub yang selain terkenal karena prestasi apiknya, juga populer lantaran memiliki basis fan yang garang.

Berikut delapan kelompok suporter paling anarkistis dan garang di dunia:

5. Galatasaray
Suporter klub raksasa Turki ini masuk dalam kategori suporter paling beringas di dunia sepak bola internasional. Fan Galatasaray juga dikenal sebagai kelompok fan paling berisik di dunia. Tak hanya kerap menyerbu ke lapangan saat pertandingan berlangsung, keganasan fan Galatasaray juga terjadi di luar lapangan.

Bentrokan yang berakibat puluhan fan luka-luka hingga penusukan yang berujung maut kerap dilakukan fan Galatasaray terhadap pendukung tim tamu. Seperti yang terjadi pada fan Leeds United, Arsenal, dan Chelsea. Sangat mudah untuk mengatakan: jangan cari gara-gara dengan fan Galatasary bila ingin selamat!

6. Roma
Kekerasan seolah lekat dengan fan AS Roma hingga membuat tim lawan enggan mendatangi Stadio Olimpico ketimbang khawatir mendapat serangan. Ultras AS Roma kerap pula terlibat bentrokan dengan polisi yang berusaha mengendalikan situasi.

Sebanyak 11 fan Manchester United pada 2007 merasakan keganasan Ultras karena harus dilarikan ke rumah sakit setelah diserang. Begitu pula dengan Liverpool dan Middlesbrough yang ditikam oknum fan I Lupi. Kejadian itu membuat ungkapan "lebih baik menyingkir, terutama bila Anda fan dari klub Inggris" cukup populer.

Namun, tak hanya garang dengan fan dari Inggris, kelompok pendukung dalam negeri seperti Lazio dan Napoli juga jadi musuh Ultras Roma.

7. Wisla Krakow
Klub Polandia ini memiliki basis fan yang bermusuhan dengan klub sekota, Cracovia. Derby kedua klub dijuluki "Perang Suci" dan dipastikan muncul kerusuhan. Bahkan di luar pertandingan, bentrokan kerap pecah. Pada 2004-2006 saja jatuh delapan korban meninggal dunia akibat bentrokan. Pada 1990, bek Parma, Dino Baggio dipukul kepalanya oleh fan Wisla Krakow menggunakan pisau!


Editor : Aning Jati
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X