Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kabayev Persija Ada di Daftar Striker Elite UEFA

By Peksi Cahyo Priambodo - Selasa, 20 Januari 2015 | 20:36 WIB
Yevgeni Kabayev, masuk daftar penyerang elite versi UEFA.
Kukuh Wahyudi/Bolanews
Yevgeni Kabayev, masuk daftar penyerang elite versi UEFA.

Nama striker asing asal Rusia milik Persija, Yevgeni Kabayev, menyelip di deretan atas pemain paling produktif di Eropa. Ia berada di urutan ketiga di bawah megabintang Eropa, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Koefisien yang jadi pengkali poin produktitas di tiap kompetisi masing-masing negara di Eropa berbeda-beda. Besarnya angka pengkali ditentukan oleh kualitas kompetisi. Dengan kata lain jumlah gol tinggi seorang pemain tidak otomatis membuatnya jadi paling produktif di Benua Biru. Jika koefisien kompetisi yang diikuti rendah ia harus menerima kenyataan disalip pesaing.

Pemain Paling Produktif Versi UEFA
Nama Pemain Gol Koofisien
1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 28 56 (x2)
2. Lionel Messi (Barcelona) 19 38 (x2)
3. Yevgeni Kabayev (Sillamae Kalev) 36 36 (x1)
4. Diego Costa (Chelsea) 17 34 (x2)
5. Igor Subbotin (Levalia Tallin) 32 32 (x1)Koefisien gol Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid 56. Sementara, Lionel Messi di Barcelona  38. Di sisi lain, Kabayev yang musim lalu berkiprah di klub Estonia, Sillamae Kalev, mencatatkan poin koefisien 3Kualitas kompetisi membedakan poin koefisien kompetisi masing-masing negara berbeda-beda. Nilai pengkali kompetisi La Liga Spanyol dua, lebih baik dibanding kompetisi kasta tertinggi Estonia, Meistriliiga, yang hanya satu.

Cristiano Ronaldo yang berkiprah di La Liga menjadi peraih sepatu emas UEFA walau sebenarnya kalah produktivitas dibanding Kabayev. Ronaldo yang di La Liga musim 2013/2014 mencetak 28 gol mendapat poin akhir produktivitas 56. Produktivitas di La Liga dihargai koefisien pengkali dua. Sementara itu, Kabayev yang menorehkan total 36 gol di pentas Mesiriliiga angka produktivitasnya sama karena koefisien kompetisi kasta tertinggi Estonia hanya satu saja.

Hitung-hitungan tersebut juga membuat Kabayev kalah dibanding Lionel Messi. Di Barcelona pada musim lalu hanya mencetak 19 gol hanya poin akhir produktivitasnya melonjak dua kali lipat menjadi 38.

Modal produktivitas yang luar biasa Kabayev tersebut tentu amat diharapkan fan Persija berlanjut di Liga Super Indonesia 2015. Fakta menunjukkan kalau Kabayev masih belum unjuk produktivitas di enam laga uji coba Macan Kemayoran.  

Berikut daftar pemain paling produktif di Eropa pada 2014:

Nama Pemain					Gol	Poin Produktivitas

1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Spanyol) 	28	56 (x2)*

2. Lionel Messi (Barcelona/Spanyol)      	19	38 (x2)

3. Yevgeni Kabayev (Sillamae Kalev/Estonia)	36	36 (x1)

4. Diego Costa (Chelsea/Inggris)	        17	34 (x2)

5. Igor Subbotin (Levalia Tallin/Estonia)	32	32 (x1)

6. A. Kramaric (Rijeka/Kroasia)	                21	31,5 (x1,5)

7. F. Kouadio (Infonet/Estonia)	                30	20 (x1)

8. A. Lacazette	(Lyon/Prancis)	                20	30 (x1,5)

9. J. Soriano	(Salzburg/Austria)       	19	28,5 (x1,5)

10. J. Martinez (Porto/Portugal)	        14	28 (x2)
*): Koefisien pengkali 


Editor : Ario Yosia
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X