Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FCBI: Kumpulan Cules Pertama di Tanah Air

By Fajar Mutaqin Ahmad - Rabu, 14 Januari 2015 | 13:24 WIB
Menyempatkan berpose di sela-sela kemeriahan acara BOLA Sports Race 2014.
Rafsanjany Ear
Menyempatkan berpose di sela-sela kemeriahan acara BOLA Sports Race 2014.

Ada beberapa komunitas penggemar Barcelona di Indonesia. Fans Club Barcelona Indonesia merupakan salah satu di antaranya sekaligus merupakan yang pertama berdiri di Tanah Air.

Dominasi yang diperlihatkan Barcelona di kancah domestik maupun Eropa pada pertengahan hingga akhir tahun 2000-an setidaknya berpengaruh atas munculnya komunitas penggemar Barca di Tanah Air, termasuk Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI).

Sejak pertama kali dirancang pada medio 2008, lalu sempat mengalami gonjang-ganjing antaranggota pada 2009, hingga akhirnya resmi berdiri awal tahun 2011, FCBI semakin berkembang berkat terus bertambahnya jumlah para member mereka.

Seiring dengan fenomena tersebut, beragam kegiatan pun kerap digelar, mulai dari kegiatan nonbar, pertemuan antaranggota, hingga kegiatan-kegiatan lain seperti futsal dan gathering nasional.

Kegagalan mendapatkan status sebagai komunitas Barca resmi di Tanah Air tak menciutkan nyali para pengurus FCBI demi terus eksis di kalangan komunitas suporter.

“Intinya, komunitas ini akan terus melangkah ke depan, terutama dalam urusan memberi dukungan kepada Barcelona. Kami akan terus mendukung Barca dengan cara kami,” ujar Amrullah, Koordinator FCBI Jakarta.

Selain rutin menggelar kegiatan-kegiatan di atas, para pengurus FCBI juga rutin menyuguhkan berita-berita terbaru tentang Barca melalui media sosial.

“Kami mengajak para penggemar Barcelona di Tanah Air untuk berbagi keceriaan dalam mendukung Barca bersama kami. Visca Barca!” ujar Amrullah.

DATA KOMUNITAS
Nama: Fans Club Barcelona Indonesia
Berdiri: 9 Januari 2011
Jumlah Anggota: Sekitar 8.000 orang
Twitter: @ID_FCB
Facebook: FC Barcelona Indonesia Fans Club
Situs: www.fcbifc.pagevamp.com


Editor : Fajar Mutaqin Ahmad
Sumber : BOLA Harian No. II/184 (Penulis: Martinus Raya Bangun)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X