Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juara Dunia Bukan Jaminan Gelar Ballon d'Or

By Beri Bagja - Rabu, 14 Januari 2015 | 21:42 WIB
Manuel Neuer, cuma ada di peringkat tiga.
Philipp Schmidli/Getty Images
Manuel Neuer, cuma ada di peringkat tiga.

Manuel Neuer gagal mencatat sejarah sebagai kiper pertama yang meraih gelar FIFA Ballon d’Or. Hasil jajak pendapat menempatkan kiper Bayern Muenchen dan timnas Jerman itu di peringkat ketiga setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kondisi ini menguatkan kesimpulan bahwa gelar Piala Dunia tak menjamin seseorang dinobatkan menjadi Pemain Terbaik Dunia di tahun yang sama. Neuer tampil solid mengawal gawang Jerman saat menjuarai Piala Dunia Brasil 2014. Messi membantu Argentina ke final.

Sang pemenang, Ronaldo, bahkan gagal sekadar lolos dari fase grup bersama Portugal. Faktanya, rekor individu dan prestasi level klub yang diraih CR7 lebih menjanjikan sebagai garansi gelar. 

Sejak anugerah Ballon d’Or digabung dengan Pemain Terbaik FIFA pada edisi 2010, para pemain yang tampil hebat di Piala Dunia memang harus gigit jari. Spanyol menjuarai PD 2010, tapi Messi yang keluar sebagai Pemain Terbaik Dunia kala itu. Padahal, Argentina “cuma” mencapai perempat final turnamen itu.

Kekecewaan terbesar melanda Wesley Sneijder (Belanda). Negaranya lolos ke final PD 2010 dan ia meraih trigelar di level klub bareng Internazionale pada musim 2009/10. Namun, nama Sneijder justru tak tercantum di daftar tiga finalis FIFA Ballon d’Or 2010.


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X