Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hari Ini 149 Tahun Lalu, Lahir Legenda United-City

By Verdi Hendrawan - Minggu, 4 Januari 2015 | 20:19 WIB
James Ernest Mangnall
Corbis
James Ernest Mangnall

satunya manajer yang pernah menangani dua klub kebanggaan Manchester itu, James Ernest Mangnall.

Mangnall adalah mantan manajer United yang mengakhiri karier di City. Pria kelahiran 1866 di Bolton, Inggris, itu adalah salah satu manajer tersukses di sejarah kedua klub hingga saat ini.

Mangnall yang memulai karier sebagai manajer di Burnley, bergabung dengan United yang saat itu masih bernama Newton Heath LYR F.C. sebagai salah satu sekertaris klub. Ia pun ditunjuk untuk menangani United sejak 1903 saat klub telah berganti nama menjadi Manchester United menggantikan James West.

Mangnall menangani United selama sembilan musim dan berhasil menjadi awal kebangkitan Iblis Merah yang sempat bangkrut. Bersama United lah ia mampu merasakan gelar juara First Division (kini Premier League) pada musim 1907/08 dan 1910/11, Piala FA musim 1908/09, dan Charity Shield pada 1908 dan 1911.

Pada awal musim 1912/1913, Mangnall memutuskan untuk hijrah menangani Manchester City. Ia menangani Citizen hingga 1924 atau selama 12 musim, namun tidak pernah sekalipun berhasil mempersembahkan gelar.

Meski demikian, Mangnall adalah salah satu manajer terbaik City hingga saat ini. Hal ini dikarenakan keberhasilannya membawa Manchester Biru menjadi runner-up First Division musim 1920/21, yang merupakan raihan terbaik klub tersebut hingga saat itu.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Twitter, wikipedia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X