Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden FIGC Hadapi Tuduhan Rasis oleh UEFA

By Suryo Wahono - Rabu, 20 Agustus 2014 | 22:07 WIB
Carlo Tavecchio, menghadapi tuduhan rasis dalam pidato kampanye.
Getty Images
Carlo Tavecchio, menghadapi tuduhan rasis dalam pidato kampanye.

Presiden Federasi sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio Rabu ini (20/8) sedang menghadapi penyelidikan disipliner oleh UEFA atas pernyataan rasis selama kampanye pemilihannya.

Tavecchio terpilih sebagai presiden FIGC pekan lalu. Dia membuat sejumlah pidato dalam rangka pemilihan, di mana dia sempat menyebut seorang pemain fiktif: Opti Poba, yang katanya, "sebelumnya makan pisang kemudian tiba-tiba menjadi pemain tim inti Lazio."

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Carlo Tavecchio hari ini secara pribadi telah diberitahu oleh UEFA soal keputusan Kepala Etika dan Inspektur Disiplin untuk membuka penyelidikan disipliner pada dugaan komentar rasis yang dibuatnya selama kampanye pemilihan presiden FIGC."

Pernyataan Tavecchio dalam salah satu pidatonya itu menyebabkan kemarahan publik Italia. Kendati begitu, dia masih bisa menang  telah dengan raihan suara 63 persen dalam pemilihan pekan lalu setelah menerima dukungan dari Lega Pro, yang mewakili klub divisi ketiga dan keempat dan LND, yang mewakili liga amatir.

Beberapa klub Serie A dan Serie B dikabarkan juga memilih dirinya.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X