Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perseteruan Bintang dengan Pelatih Barcelona (2)

By Suryo Wahono - Sabtu, 10 Januari 2015 | 00:10 WIB
Bernd Schuster, sering berselisih dengan pelatih Barcelona.
Bongarts
Bernd Schuster, sering berselisih dengan pelatih Barcelona.

Kabar keretakan hubungan Lionel Messi dan Luis Enrique menjadi tajuk utama pemberitaan di Spanyol dalam beberapa hari terakhir. Situasi ini lantas membangkitkan memori kelam di benak para fan Barcelona.

Perseteruan antara pemain bintang dengan pelatih bagaikan sebuah tradisi di Blaugrana. Sejarah mencatat ada empat kasus yang pernah memanaskan ruang ganti Camp Nou dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

2. Bernd Schuster vs 5 pelatih Barcelona (1980-88)

Setelah era Cruyff berakhir, Barcelona memiliki andalan baru dalam diri Bernd Schuster. Hanya, gelandang asal Jerman itu menyimpan ego yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendahulunya.

Selama delapan musim mengenakan seragam seragam biru-merah kebanggaan Barcelona, Schuster hampir selalu berseteru dengan pelatih. Mulai dari Helenio Herrera (1980-81), Udo Lattek (1981-83), Terry Venables (1983-87), hingga Luis Aragones (1987-88).

Puncak dari perilaku negatif Schuster terjadi setelah Barcelona gagal memenangi Piala Champion 1985/86 akibat ditekuk Steaua Bucharest di partai puncak. Dia mulai malas-malasan berlatih, mangkir memperkuat timnas tanpa izin klub, serta mengindahkan negosiasi kontrak.

Schuster akhirnya angkat kaki dari Camp Nou pada musim panas 1988. Dia kemudian memilih seteru abadi Barcelona, Real Madrid sebagai pelabuhan barunya.

<<

Selanjutnya>>>


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X