Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bos Red Bull: Vettel Lelah Fisik dan Mental

By Oka Akhsan M. - Selasa, 12 Agustus 2014 | 13:50 WIB
Sebastian Vettel
Lars Baron/Getty Images
Sebastian Vettel

Pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, tampil buruk pada musim 2014. Menurut bos Tim Banteng Merah, Christian Horner, Vettel kelelahan setelah mendominasi Formula 1 dalam empat tahun terakhir.

Menjadi juara dunia dalam rentang 2010 hingga 2013, performa Vettel jeblok pada musim ini. Padahal, setelah Mark Webber pensiun dan digantikan Daniel Ricciardo, banyak pihak meyakini Vettel bakal semakin merajalela.

Namun, kenyataan di trek berkata lain. Ricciardo tak cuma unggul 6-5 atas Vettel di kualifikasi. Eks pebalap Toro Rosso itu juga mengalahkan Vettel 9-2 dalam 11 balapan awal, termasuk meraih dua kemenangan.

Seluruh dunia, termasuk Red Bull, terkejut dengan pencapaian fenomenal Ricciardo. Akan tetapi, Horner menegaskan apa yang terjadi sebenarnya jauh lebih rumit, bukan sekadar Ricciardo tiba-tiba cemerlang dan mendominasi Vettel.

"Semua merupakan kombinasi dari banyak hal. Pertama, setelah bertarung memperebutkan titel selama lima tahun, pebalap pasti lelah," kata Horner kepada Auto Bild Motorsport.

Horner menyatakan kelelahan fisik maupun mental bukan merupakan problem utama Vettel. Dia menyebut beberapa perubahan teknis di lomba jet darat turut menjadi penyebab penurunan performa Vettel.

"Cara mengemudi Vettel cukup unik. Di sangat sensitif terhadap perilaku mobil, terutama saat mengerem. Jadi, kewajiban penggunaan sistem 'brake-by-wire' pada tahun ini membuat Vettel sedikit kehilangan feeling," ujar Horner.

Horner mengklaim Red Bull dan Renault terus berusaha keras memberikan paket sasis-mesin terbaik agar Vettel bisa kembali bersaing di depan. Pada seri terakhir sebelum jeda musim panas, GP Hungaria, Vettel terlihat sudah kembali mendapatkan ritmenya.

"Kami tak boleh melupakan fakta Vettel juga banyak dihadang problem mesin. Jadi, dia tak punya cukup waktu untuk menyesuaikan gaya membalapnya," kata Horner.


Editor : Oka Akhsan M.
Sumber : Motorsport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X