Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lionel Messi Sepanjang 2014 (1)

By Suryo Wahono - Selasa, 30 Desember 2014 | 21:01 WIB
Lionel Messi (Barcelona)
Getty Images
Lionel Messi (Barcelona)

Tahun 2014 segera berakhir. Berbagai kejadian positif maupun negatif dialami bintang Barcelona Lionel Messi. Bagaimana Messi menjalani tahun ini?

KISAH PILU LUAR LAPANGAN

Sepanjang 2014 bisa dibagi menjadi dua kategori buat performa Messi: sebelum Piala Dunia Brasil 2014 dan sesudah PD.

Periode sebelum Brasil 2014 dimulai sejak Januari sampai Juni, saat musim lalu berakhir. Periode tersebut penuh dengan kisah yang relatif tak membantu penampilan di atas lapangan.

Sebuah kesimpulan saat itu adalah Messi mulai kehilangan maginya. Saat Messi dianggap di bawah performa, otomatis Barca pun tak bertaring lagi.

Messi memulai 2014 dengan kelanjutan proses pemulihan cedera sejak periode akhir 2013. Problem berlanjut ke isu Messi dengan Hacienda alias otoritas pajak Spanyol.

Problem ditambah dengan pukulan mental akibat dampak dari meninggalnya eks pelatih, Tito Vilanova, serta rumor Messi tak tampil sepenuh hati lantaran ia menyimpan tenaga buat PD bulan Juni-Juli.

Memang 2014 ialah tahun PD. Messi memiliki mimpi dan ambisi memenanginya. 

Statistik performa di Barca pada periode Januari sampai Juni sebelum PD menunjukkan berbagai teori tersebut bisa jadi punya pengaruh nyata. Ia gagal tampil prima sepanjang lima bulan awal di  2014. 

Ia cuma membuat 27 gol dari 30 partai atau rata-rata 0,9 gol per laga. Ukuran ini luar biasa buat pemain lain, tapi tidak bagi pemain super macam Messi.

Selanjutnya...


Editor : Rizki Indra Sofa
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X