Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho: Manajer Terbaik Musim ini adalah Big Sam

By Suryo Wahono - Sabtu, 27 Desember 2014 | 06:00 WIB
Big Sam dan Mourinho, kian akrab.
Getty Images
Big Sam dan Mourinho, kian akrab.

Jose Mourinho secara mengejutkan membuat pernyataan soal manajer West Ham United. Menurutnya, Sam Allardyce pantas dianugerahi sebagai manajer terbaik jika dia mampu membawa timnya finis di empat besar. The Hammers saat ini masih bertengger di peringkat kelima, terpaut satu poin dari Southampton di posisi keempat.

Mourinho sempat bersitegang dengan Allardyce saat Chelsea ditahan imbang dan dia menuduh West Ham bermain seperti di abad-19. Tapi, sekarang hubungan keduanya, menurut Mourinho, sudah jauh membaik.

"Jika mereka finis empat besar, manajer terbaik musim ini adalah Big Sam dan tim terbaik adalah West Ham. Sebab, itu akan menjadi pencapaian luar biasa dibandingkan dengan berapa besar ivestasi yang dilakukan tim-tim lain. Kenapa tidak, kenapa tidak?" kata Mourinho.

"Chelsea teratas di liga dan berhak mendapat pujian dan setelah kami, West Ham karena di peringkat keempat (komentar pra-pertandingan), sebuah yang dikira semua orang berjuang untuk bertahan, itu adalah pencapaian fantastis achievement.”

Lebih lanjut, Mou tampak lebih respek kepada lawannya. Sebab, dia telah membuktikan bukan manajer yang defensif. Mourinho juga mengakui kekeliruannya.

"Big Sam telah menunjukkan bahwa dia bukan pelatih defensif, yang hanya tahu cara bermain bertahan dan bola langsung dan bola panjang. Dia telah memberi citra berbeda tentang dirinya sendiri. Dia punya sejarah besar di Premier League. Dia bermain dengan cara berbeda dan dia layak mendapatkannya (pujian). Dia punya karier fantastis di Premier League.”

"Saya hormat kepadanya. Musim lalu sempat ada kata-kata soal bagaimana mereka membuang-buang waktu, yang tidak saya suka, tapi saya hormati dia sebagai pelatih dan turut senang dia sekarang baik-baik saja. Kami bertukar banyak pesan (SMS),” kata mantan bos Real Madrid itu.

Bahkan, Mourinho juga memahami kenapa West Ham musim lalu bermain sangat defensif. Musim lalu West Ham dalam posisi terancam. Ketika bertarung menghindari degradasi, tiap poin sangat berharga dan manajer harus mengupayakan segalanya untuk meraih tambahan poin.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X