Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valencia Batalkan Logo Baru Gara-gara Batman

By Indra Citra Sena - Jumat, 28 November 2014 | 00:21 WIB
Perbandingan logo Batman dan logo baru Valencia.
Inside Spanish Football
Perbandingan logo Batman dan logo baru Valencia.

Sebuah peristiwa unik terjadi di Spanyol. Salah satu klub elite La Liga, Valencia, terpaksa membatalkan rencana penggantian logo akibat gugatan yang dilancarkan oleh perusahaan penerbit komik asal Amerika Serikat, DC Comics.

Alasannya, DC Comics menganggap logo baru Valencia terlalu mirip dengan lambang pahlawan super berkostum kelelawar, Batman. Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di New Yok itu telah menempuh jalur hukum dan melaporkan Valencia ke Badan Pendaftaran Merek Dagang Eropa (OHIM).

Langkah yuridis yang dilakukan DC Comics membuat Valencia menyerah. Melalui keterangan resmi di situs klub, Valencia menyatakan tak lagi berniat mengubah logo dan akan tetap menggunakan logo lama. 

Valencia mengajukan petisi pergantian logo klub ke OHIM pada 2012. Dalam proses persetujuan logo baru, pihak DC Comics merasa keberatan sehingga mereka turut serta menyerahkan dokumen penolakan.” Demikian pernyataan resmi Valencia sebagaimana dikutip dari Super Deporte.

“DC Comics kini sudah menarik gugatan kepada Valencia. Atas niat baik tersebut, Valencia tidak akan menggunakan logo baru serta tidak berencana memakainya di masa depan.”

Valencia sesungguhnya sudah identik dengan kelelawar sejak berdiri pada 1919. Bahkan, salah satu julukan Valencia adalah Los Murcielagos yang berarti Si Kelelawar.

Bila ditarik benang merah dari catatan sejarah, kelelawar sudah menjadi simbol kota Valencia sejak abad pertengahan, tepatnya 1238 tatkala Raja James I menaklukkan Spanyol. Mulai saat itu, kelelawar dikenal sebagai representasi Valencia. Bandingkan dengan tokoh Batman yang pertama kali muncul di televisi pada 1939.


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Inside Spanish Football


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X