Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Asyiknya Ryuji dan Syamsir Ngobrol Berbahasa Asing

By Ade Jayadireja - Senin, 1 Desember 2014 | 21:27 WIB
Syamsir Alam dan Ryuji Utomo dalam shinkansen menuju Tokyo dari Iwata
Aning Jati/Bolanews
Syamsir Alam dan Ryuji Utomo dalam shinkansen menuju Tokyo dari Iwata

Syamsir Alam dan Ryuji Utomo tak hanya membekali diri dengan sisi teknis namun juga kesiapan mental untuk menjalani trial di Jepang, Rabu (3/12).

Akan tetapi, tak hanya itu. Keduanya juga membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing sebagai modal hidup di negara orang. Bahasa yang dikuasai, minimal Bahasa Inggris.

Syamsir, yang pernah bermukim di Uruguay (SAD), Belgia (CS Vise), Amerika Serikat (DC United), tak kesulitan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Ryuji tak mau ketinggalan.

Saat menikmati makan malam di salah satu tempat makan di Iwata City pada Senin (1/12) malam, keduanya asyik berbincang santai dan hangat dengan Wataru Endo, dari J-League Media Promotion Inc. Ketiganya ngobrol panjang-lebar soal sepak bola Jepang serta para pemain ternama dari Negeri Sakura, menggunakan Bahasa Inggris.

Tak cukup di situ, sesampainya di hotel keduanya juga menyapa dan sekadar meminta kunci kamar menggunakan Bahasa Jepang.

Saat berlatih bersama tim senior Jubilo Iwata, Syamsir dan Ryuji mengaku tak ada kendala berarti dalam hal bahasa untuk berkomunikasi dengan pemain Iwata. "Ada beberapa pemain asing yang menggunakan Bahasa Spanyol. Sedikit-sedikit kami juga paham," kata Ryuji.

*Laporan langsung Aning Jati dari Iwata City, Jepang.


Editor : Aning Jati
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X